%0 Thesis %9 S1 %A MARPUDOH, IRAWATI %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN, %B PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN %D 2024 %F eprintuntirta:47065 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Learning Process, Sunda Kawih, Improving Singing Ability. Proses Pembelajaran, Kawih Sunda, Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi. %P 131 %T PENERAPAN PEMBELAJARAN KAWIH SUNDA WANDA ANYAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI PADA SISWA SMAN 7 PANDEGLANG %U https://eprints.untirta.ac.id/47065/ %X This research aims to improve the singing ability of students at SMAN 7 Pandeglang in learning vocal material from the Sundanese Kawih Wanda Anyar tradition. The research was carried out because there were obstacles in the learning process in the classroom, the new Sundanese kawih wanda learning had not been implemented in learning activities. Especially in learning the art of music. The limited resources of teachers who are not music teachers but fine arts teachers are a factor that influences this. Through classroom action research (PTK) using the Kemmis and McTaggart model, efforts were made to improve the learning of musical arts with a focus on the new Sundanese wanda kawih. The new Sundanese kawih wanda was chosen because it is a new composition and the rumpaka in the new wanda kawih is easy to understand. The results of the research showed that there was an increase in students' singing abilities after implementing learning actions. This can be seen from the increase in students' scores from pre-cycle to cycle 1, and from cycle 1 to cycle 2. Apart from that, students' singing abilities also increased overall. The use of learning strategies using repeated practice (drill) methods in music learning at SMAN 7 Pandeglang has had a positive impact in improving singing ability. There was an increase in the average student score in each cycle, and the number of students who achieved the score criteria also increased. In conclusion, this research shows that the application of learning Sundanese kawih wanda anyar in learning traditional musical arts is effective in improving students' singing abilities. %Z Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa SMAN 7 Pandeglang dalam pembelajaran materi vokal tradisi kawih sunda wanda anyar. Penelitian dilakukan karena terdapat kendala dalam proses pembelajaran di dalam kelas, belum menerapkan pembelajaran kawih sunda wanda anyar dalam kegiatan belajar. Terutama dalam pembelajaran seni musik. Terbatasnya sumber daya guru yang bukan merupakan guru seni musik melainkan seni rupa menjadi faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, dilakukan upaya untuk meningkatkan pembelajaran seni musik dengan fokus pada kawih sunda wanda anyar. Kawih sunda wanda anyar dipilih karena merupakan gubahan baru dan rumpaka dalam kawih wanda anyar mudah untuk dipahami. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bernyanyi pada siswa setelah diterapkan tindakan pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai siswa dari pra siklus ke siklus 1, dan dari siklus 1 ke siklus 2. Selain itu, kemampuan bernyanyi siswa juga meningkat secara keseluruhan. Pemanfaatan strategi pembelajaran dengan menggunakan metode latihan (drill) yang berulang pada pembelajaran musik di SMAN 7 Pandeglang memberikan dampak positif dalam peningkatan kemampuan bernyanyi. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus, serta jumlah siswa yang mencapai kriteria nilai juga meningkat. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kawih sunda wanda anyar dalam pembelajaran seni musik tradisi efektif dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa.