eprintid: 47046 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 20073 dir: disk0/00/04/70/46 datestamp: 2025-02-28 06:27:15 lastmod: 2025-02-28 06:27:15 status_changed: 2025-02-28 06:27:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: githaeriyani96@gmail.com creators_name: Eriyani Melida, Githa creators_id: 2282142314 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sari, Indah contributors_name: Afiffah, Isriyanti contributors_id: 0013048802 contributors_id: 0012029102 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN KIMIA title: Pengembangan Monopoli AsBa (Asam Basa) sebagai Media Pembelajaran pada Topik Asam Basa ispublished: pub subjects: LB subjects: QD divisions: Kimia divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: acid-base, game as learning media, AsBa monopoly Asam basa, media pembelajaran permainan, monopoli AsBa note: Media merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang aktif sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Media pembelajaran memiliki karakteristik tertentu yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga menghasilkan kualitas media yang baik dan berperan efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan prototype monopoli AsBa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan dua tahap penelitian yaitu studi pendahuluan dengan melakukan studi pustaka dan survei lapangan, serta pengembangan produk awal yang diuji terbatas kepada 12 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar kuisioner. Prototype Monopoli AsBa yang dihasilkan validitasnya secara reprodubilitas dapat diterima yaitu nilainya >0,90 dan secara skalabilitas nilainya >0,60 yang menyatakan skalabilitas media diterima. Media pembelajaran terbuat berbentuk papan yang terbuat dari kayu dengan ukuran 30cm x 30cm yang dapat dilipat, bagian dalam difungsikan untuk tempat alat permainan, bagian luar terdiri dari beberapa petak. Desain monopoli yang dicetak menggunakan bahan stiker glossy yang bisa ditempelkan papan monopoli. Media menghasilkan kualitas yang dinilai dari beberapa aspek yaitu, aspek tampilan menyatakan persentase sebanyak 77,7% - 88,8% yang menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat baik, aspek teknis menyatakan persentase sebanyak 77,7% yang menunjukkan bahwa media termasuk kategori baik, aspek menyatakan persentase sebanyak 69,4%-86,1% yang menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat baik. Dari aspek instruksional juga menunjukkan sebanyak 69,4% siswa merasa pembelajaran di dalam kelas lebih aktif dan 86,1% siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan dengan penggunaan media monopoli AsBa. abstract: Media is an inseparable part in the learning process. The active learning process is very influential on the teaching and learning process. Media has certain characteristics that are suitable with the needs of the learning process, so that it develops the media with a good quality that plays an effective role in the learning process. This research results a prototype: the AsBa monopoly. This research uses the R&D (Research and Development) method with two stages of research: a preliminary study is done by conducting a literature study & field survey and developing the initial product tested limited to 12 students. The instruments of data collection were carried out by questionnaire. Data collection techniques used is Likert scale. This research used descriptive analysis technique for analyzing the data. Media for learning produces a quality which is assessed from several aspects such as the display aspect states that the percentage is 77.7% - 88.8% that points out media is in a very good category; the technical aspect shows a percentage of 77.7% which indicates that media is in the good category; the instructional aspect states a percentage of 69.4% -86.1% which interprets that the media included in the excellent category. The instructional aspect also shows that 69.4% of students feel that learning in the classroom is more active and 86.1% of students feel that learning is more enjoyable by using the media of AsBa monopoly. date: 2019 date_type: published pages: 274 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Pendidikan Kimia thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana related_url_type: author referencetext: Achroni, K. (2013). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera. Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Attaqiana, M. R., Saptorini, & Binadja, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Berevisi SETS Guna Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia, Vol. 10 No.2, 1798-1806. Azizah, N. (2013). Penerapan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2. Bachtiar, F. (2010). Keefektifan Pembelajaran dengan Alat Peraga Permainan Monopoli pada Pokok Bahasan Segitiga terhadap Minat belajar Siswa pada Siswa SMP Negeri 2 Pangkah. Universitas Pancasakti Tegal. Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran. Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: AV Publisher. Firdaus, Z., Zubaidah, S., & Sunarmi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan IPA, Vol.04 No 03. Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan (Cetakan ke-7). Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Hidayah, R., Suprianto, & Rahmawati, A. (2017). Permainan "Kimia Kotak Katik" Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Tardis Kimiya 2, 91-96. Jespersen, N. D., Brady, J. E., & Hyslop, A. (2012). Chemistry: The Molecular Nature Of Matter. The United States od America: Jonh Wiley adn Sons Inc. Kemp, J. E., & K, D. D. (1985). Planing and Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers. Latief, M. (2017). Pengembangan Permainan Ular Jarra Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI Vol 20 No 2, 101-107. Piaget, J., & Inhelder, B. (2010). Psikologi Anak, Terjemahan Miftahul jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Priatama, G. A. (2014). Pengembangan Media Belajar Kimia Berbasis Permainan Monopoli Tingkat SMP. Jurnal UPI, Vol. 1 No 1. Purwati, Erlina, & Lestari, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mochi Materi Reaksi Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri di Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 3, No 12, 8251. Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol 4 No 3, 198-203. Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Monopoli dan Permainan Ular Tangga pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No 2, 74-81. Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajaar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol 2 No 1, 1-10. Seels, B. B., & Glasgow, Z. (1990). Exercises in Instructional Design. Columbus: Merril Publishing Company. Shafia, D., Nazar, M., & Ismayani, A. (2018). Pengembangan Media Permainan Bingo pada Materi Konsep Reaksi Redoks. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol 3 No 1, 71-79. Sudjana, N., & Rivai, A. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Bandung. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alafabet. Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tarhan, L., & Burcin, A. S. (2012). Jigsaw Cooperative Learning: Acid-Base Theories. Chemistry Education, 307-313. Utami, D. B., Rahmawati, Y., & Slamet, R. (2017). Penggunaan Conceptual Change Text dengan Model Pembelajaran 5E untuk mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam Basa di SMAN 5 Tambun Selatan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia Vol. 1 No. 1, 30-37. Vikagustanti, D. A., Sudarmin, S., & Pamelasari, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 2. Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. citation: Eriyani Melida, Githa (2019) Pengembangan Monopoli AsBa (Asam Basa) sebagai Media Pembelajaran pada Topik Asam Basa. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/1/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/2/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/3/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/5/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/6/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/7/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/17/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47046/18/Githa%20Eriyani%20Melida_2282142314_Fulltext.pdf