eprintid: 47020 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 19559 dir: disk0/00/04/70/20 datestamp: 2025-02-24 08:16:05 lastmod: 2025-02-24 08:16:05 status_changed: 2025-02-24 08:16:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AVIANA, DINA creators_id: 2227190092 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: NURHASANAH, ANA contributors_name: ADYA PRIBADI, REKSA contributors_id: 197410182006042009 contributors_id: 198703132024211020 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN KEGURUAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR Penelitian mengenai pemanfaatan media TIK dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada Abad 21 di SDIT Mumtaz Al-Bantani Kota Cilegon ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1501 subjects: LC divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted keywords: 21st century skills, ICT media Keterampilan Abad 21, Media TIK note: Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi penerus menjadi generasi yang memiliki kemampuan kecakapan abad 21. Dalam proses pembelajaran abad 21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu atau media dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Jalur pendidikan dan pembelajaran merupakan salah satu bekal untuk menumbuhkan keterampilan ini, diantaranya melalui implementasi media pembelajaran TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran, kendala dalam proses pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran, dan hasil keterampilan abad 21 peserta didik setelah diimplementasikan media pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Narasumber pada penelitian berjumlah 19 orang yang terdiri 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru kelas IV dan 16 orang peserta didik Kelas IV SDIT Mumtaz Al-Bantani. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis TIK yang dilakukan, pemanfaatan media TIK sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 dapat digunakan dengan baik. abstract: 21st century learning is learning that prepares the next generation to become a generation that has 21st century skills. In the 21st century learning process, information and communication technology is a tool or media in an effort to achieve a learning process that prioritizes the ability of 21st century skills that must be possessed by students. Education and learning paths are one of the provisions to grow these skills, including through implementation ICT learning media. This study aims to determine the use of information and communication technology media in learning activities, constraints in the process of utilizing information and communication technology media in learning activities, and the results of 21st century skills of students after implementing ICT-based learning media. This research uses a qualitative approach descriptive method where the data collection uses data in the form of words, and images. The resource persons in the study amounted to 19 people consisting of 1 school principal, 2 grade IV teachers and 16 grade IV students of SDIT Mumtaz Al-Bantani. From the results of the study shows that learning activities with ICT-based learning media carried out, the use of ICT media as a learning medium used to improve 21st century skills can be used properly. date: 2024 date_type: published pages: 225 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AVIANA, DINA (2024) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR Penelitian mengenai pemanfaatan media TIK dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada Abad 21 di SDIT Mumtaz Al-Bantani Kota Cilegon. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/1/DINA%20AVIANA_2227190092_Full%20Text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/2/DINA%20AVIANA_2227190092_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/3/DINA%20AVIANA_2227190092_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/4/DINA%20AVIANA_2227190092_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/5/DINA%20AVIANA_2227190092_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/6/DINA%20AVIANA_2227190092_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/7/DINA%20AVIANA_2227190092_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/8/DINA%20AVIANA_2227190092_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47020/9/DINA%20AVIANA_2227190092_Ref.pdf