%A Dery Arya Pandhika %L eprintuntirta47004 %K Information Quality, Interaction, Usability, User Satisfaction Kualitas Informasi, Interaksi, Kegunaan, Kepuasan Pengguna %T ANALISIS WEBQUAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DIGITAL APLIKASI MITRA PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA CILEGON %O Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan besar dalam pelayanan publik termasuk kantor pertanahan. Pelayanan digital di kantor pertanahan baru dilaksanakan dan terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya, diantaranya masalah sistem seperti sertipikat yang belum tervalidasi, masalah eksternal yang menyangkut ketidaktahuan masyarakat, masalah internal terkait dengan karyawan kantor pertanahan yang belum optimal dalam melaksanakan pelayanan dan masalah pusat yang terkendala lamanya waktu penyelesaian. Dengan berbagai macam masalah tersebut, maka perlu dipertanyakan mengenai bagaimana kualitas layanan digital ini memenuhi kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teori Barnes dan Vidgen yang terdiri dari 3 (tiga) dimensi yaitu kegunaan, informasi dan interaksi sebagai variabel independen dan kepuasan pengguna sebagai variable dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas informasi, interaksi, kegunaan dengan kepuasan pengguna. Tempat penelitian yaitu Kantor Pertanahan Kota Cilegon dengan jumlah sampel sama dengan populasinya yaitu 102 Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sebagai pengguna layanan digital. Data dianalisis menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas kegunaan, informasi, interaksi dengan kepuasan pengguna layanan aplikasi mitra Kantor Pertanahan Kota Cilegon dengan p Value untuk kualitas informasi sebesar 0,001 dengan nilai koefisien parameter bernilai positif 0,229, p Value untuk kualitas interaksi sebesar 0,000 dengan nilai koefisien parameter bernilai positif 0,394 dan p Value untuk kualitas kegunaan sebesar 0,000 dengan nilai koefisien parameter bernilai positif 0,424, karena semua p Value bernilai < 0,05 maka semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan karena nilai koefisiennya bernilai positif maka setiap variabel akan meningkatkan kepuasan pengguna sebesar sesuai nilai koefisien masing-masing variabel . Penelitian ini memberikan saran perlunya optimalisasi berkelanjutan mengenai kepuasan melalui analisis pembaruan rutin dan umpan balik pengguna. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %X The development of information and communication technology (ICT) has significantly transformed public services, including land offices. The implementation of digital services in land offices is relatively new and faces several challenges, including system-related issues such as unvalidated certificates, external issues related to public unawareness, internal problems concerning land office employees' suboptimal service execution, and central-level obstacles involving prolonged processing times. Given these challenges, it is necessary to assess how the quality of digital services meets user satisfaction. This study employs a quantitative approach, utilizing the theory of Barnes and Vidgen, which consists of three dimensions—usability, information quality, and interaction—as independent variables, with user satisfaction as the dependent variable. The study aims to examine the relationship between information quality, interaction, usability, and user satisfaction. The research was conducted at the Cilegon Land Office, with a total sample equal to the population, comprising 102 Land Deed Officials (PPAT) who use the digital service. Data were analyzed using the Smart PLS application. The findings indicate a significant relationship between usability quality, information quality, interaction, and user satisfaction with the partner application service at the Cilegon Land Office. The p-value for information quality is 0.001 with a positive parameter coefficient of 0.229, the p-value for interaction quality is 0.000 with a positive parameter coefficient of 0.394, and the p-value for usability quality is 0.000 with a positive parameter coefficient of 0.424. Since all p-values are < 0.05, all variables significantly influence user satisfaction. Furthermore, as the coefficient values are positive, each variable contributes to an increase in user satisfaction based on its respective coefficient value. This study suggests the need for continuous optimization of user satisfaction through routine service updates and user feedback analysis. %D 2024