eprintid: 46999 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 10036 dir: disk0/00/04/69/99 datestamp: 2025-02-20 07:15:35 lastmod: 2025-02-20 07:15:35 status_changed: 2025-02-20 07:15:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprianti, Selvia creators_id: 2287200003 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Alamsyah Sidik, Sistriadini contributors_name: Febri Abadi, Reza contributors_id: 198705142015042002 contributors_id: 198902072018031002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS title: PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI ANDROID ALIF TO YA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK AUTIS KELAS 2 SDKH DI SKH NEGERI 03 LEBAK ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 divisions: Khusus divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Alif To Ya application, Autistic Students, Hijaiyah Letters. Aplikasi Alif To Ya, Siswa Autis, Huruf Hijaiyah. note: Sistem pendidikan nasional, bahwa semua jenjang pendidikan termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) harus memasukkan pendidikan agama Islam (PAI). Maka dari itu, pendidikan agama Islam yang diberikan perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android Alif To Ya untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa autis. Subjek pada penelitian ini yaitu satu siswa autis kelas 2 yang memiliki kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang masih kurang terasah secara optimal. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sekuensial ekplorasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Ada tiga fase yang digunakan pada penelitian ini. Fase pertama, ekplorasi dan analisis data kualitatif terkait kondisi objektif kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan penggunaan media yang digunakan oleh guru kelas 2. Fase kedua merancang media pembelajaran berbasis aplikasi android, validasi media pembelajaran dilakukan pada 2 orang expert judgment. Fase ketiga, menguji efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa autis kelas 2 masih belum terasah secara optimal. Media yang digunakan guru yaitu menggunakan media konvensional dengan menggunakan pias gambar. Dari keseluruhan data hasil validasi dan uji efektivitas media aplikasi android Alif To Ya layak digunakan. Hal tersebut tergambarkan dari adanya peningkatan mean level A1, B, dan A2 dari subjek yaitu 33%-87,75%-66%. Data overlap pada subjek menunjukkan 0% yang bermakna bahwa intervensi (aplikasi Alif To Ya) memiliki pengaruh baik terhadap terget behavior (kemampuan mengenal huruf hijaiyah). abstract: The national education system states that all levels of education, icluding education for children with spesial needs (ABK), must include Islamic religious education (PAI). Therefore, the Islamic religious education provided needs to be given careful attention. The aim of this research is to develop an Android application-based learning media called Alif To Ya to enchance the ablity to recognize hijaiyah letters among autistic students. The subject of this research is a second-grade autistic student who has not yet fully developed their ability to recognize hijaiyah letters. This reseacrh uses a mixed method with a sequential exploratory design. Data ceollection was acrried out througt observation, interviews, decumentation, and tests. There are three phases used in this research. The first phase involves the exploration and analysis of qualitative data related to the objective conditions of recognizing hijaiyah letters and the media used by second-grade teachers. The second phase consist of designing learning media based o nan Android apllication, with valisation of the learning media conducted by two expert judges. The third phase involves testing the effectiveness of the developed learning media using Single Subject Research (SSR) with an A-B-A design. The result of the this study indicate that the ability to recognize hijaiyah letters among second-grade autistic students has not yet been optimally developed. The media used by the teacher is conventional media using pictures boards. Based on the overall data from the validation and effectiveness testing, the Android applicayion Alif To Ya is deemed suitable for use. This is reflected in the increase of the mean levels A1, B and A2 of the subjects, which are 33%- 87,75%- 66%. The data overlap in the subjects shows 0%, indicating that the interventation (the Alif To Ya application) has a positive impact on the target behavior (the ability to recognize hijaiyah letters). date: 2024 date_type: published pages: 241 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Aprianti, Selvia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI ANDROID ALIF TO YA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK AUTIS KELAS 2 SDKH DI SKH NEGERI 03 LEBAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/1/Selvia%20Aprianti_2287200003_fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/2/Selvia%20Aprianti_2287200003_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/3/Selvia%20Aprianti_2287200003_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/4/Selvia%20Aprianti_2287200003_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/5/Selvia%20Aprianti_2287200003_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/6/Selvia%20Aprianti_2287200003_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/7/Selvia%20Aprianti_2287200003_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/8/Selvia%20Aprianti_2287200003_ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46999/9/Selvia%20Aprianti_2287200003_Lamp.pdf