@phdthesis{eprintuntirta46987, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan film pendek terhadap civic disposition peserta didik dalam pembelajaran pendidikan Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Serang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengolahan statistik, yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana, Uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y= 17,199 + 0,811 dengan thitung{\ensuremath{>}} ttabel (6,859 {\ensuremath{>}} 1,990 yang berarti penggunaan film pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap civic disposition peserta didik. Hasil Uji paired sample t-test pada kelas eksperimen didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 {$\leq$} 0,005 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 {$\leq$} 0,005, ?thitung{\ensuremath{<}} -ttabel (-9.985 {\ensuremath{<}} -2.023) yang berarti terdapat perbedaan civic disposition setelah menggunakan media film pendek pada peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Kemudian hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig. sebesar 0,013 {\ensuremath{<}} 0,05 dengan thitung {\ensuremath{>}} ttabel (2.553 {\ensuremath{>}} 2,023) yang berarti terdapat perbedaan civic disposition peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila antara peserta didik yang menggunakan film pendek dengan peserta didik yang menggunakan media cetak.}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN FILM PENDEK TERHADAP CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang)}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, year = {2025}, author = {ROUDATUS SOLIHAH}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/46987/}, abstract = {This research aims to determine the effect of using short films on students' civic disposition in learning Pancasila education. The research employed a quantitative quasi-experimental approach using a Nonequivalent Control Group Design at SMP Negeri 5 Kota Serang. The population consisted of grade VIII students, with purposive sampling selecting class VIII G as the experimental group and class VIII K as the control group. Data collection techniques using questionnaires, observation and documentation. Data analysis uses statistical processing, namely normality test, linearity test, homogeneity test, and hypothesis testing. Hypothesis testing techniques using simple linear regression test, paired sample t-test and independent sample t-test. The results of the simple linear regression test obtained the equation Y = 17.199 + 0.811 with tcount{\ensuremath{>}} ttable (6.859{\ensuremath{>}} 1.990 which means the use of short films has a positive and significant effect on the civic disposition of students. The results of the paired sample t-test test in the experimental class obtained a Sig. (2-tailed) of 0.000 {$\leq$} 0.005 with a Sig value. (2-tailed) 0.000 {$\leq$} 0.005, -tcount {\ensuremath{<}} -ttable (-9.985 {\ensuremath{<}} -2.023) which means there is a difference in civic disposition after using short film media on students in learning Pancasila education. Then the results of the independent sample t-test test obtained a Sig. value of 0.013 {\ensuremath{<}} 0.05 with tcount{\ensuremath{>}} ttable (2.553{\ensuremath{>}} 2.023) which means there is a difference in the civic disposition of students in learning Pancasila education between students who use short films and students who use print media.}, keywords = {Use of Short Films, Civic Disposition, Learning Pancasila Education. Penggunaan Film Pendek, Civic Disposition, Pembelajaran Pendidikan Pancasila.} }