eprintid: 46978 rev_number: 50 eprint_status: archive userid: 19131 dir: disk0/00/04/69/78 datestamp: 2025-02-25 02:52:11 lastmod: 2025-02-25 02:52:11 status_changed: 2025-02-25 02:52:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAHMA ASSHIFA, ZAHRA creators_id: 2287200044 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: YUDHA PRATAMA, TONI contributors_name: MULIA, DEDI contributors_id: 0014118702 contributors_id: 197910172024211001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN KHUSUS title: PENGGUNAAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DENGAN LEARNING DISABILITY KELAS 9 DI SMP NEGERI 278 JAKARTA ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1603 subjects: LC subjects: LC5201 divisions: Khusus divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Learning Disability, Syllabic Method, Single Subject Research. Kesulitan Belajar, Metode Suku Kata, Metode Single Subject Research. note: Penelitian ini disusun dengan dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang diidentifikasi kesulitan belajar belum mengenal huruf abjad, belum dapat membaca suku kata dan belum dapat membaca kata maupun kalimat dengan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan belajar dengan metode suku kata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen menggunakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan analisis dalam dan antar kondisi. Hasil yang didapatkan yaitu setiap fase pada penelitian ini mengalami grafik yang selalu meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan mean level pada fase baseline- 1 (A1) sebesar 78,6%, pada fase intervensi (B) sebesar 86,6% dan pada fase baseline- 2 (A2) sebesar 84,1%. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode suku kata ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan kesulitan belajar. abstract: This research was prepared against the background of the situation of students who were identified as having learning difficulties who did not know the letters of the alphabet, could not read syllables and could not read words or sentences fluently. The aim of this research is to improve the reading ability of children with learning difficulties using the syllable method. The research method used is aquantitative experimental method using single subject research with analysis within and between conditions. The results obtained were that each phase of this research experienced an ever-increasing graph. This can be seen from thecomparison of the mean level in the baseline phase-1 (A1) of 78.6%, in the Mintervention phase (B) of 86.6% and in the baseline phase-2 (A2) of 84.1%. So it can be said that the use of this syllable method can improve the reading ability of students with learning difficulties. date: 2024 date_type: published pages: 265 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RAHMA ASSHIFA, ZAHRA (2024) PENGGUNAAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DENGAN LEARNING DISABILITY KELAS 9 DI SMP NEGERI 278 JAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/17/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/18/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/2/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/7/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/3/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/4/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/5/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/6/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46978/9/ZAHRA%20RAHMA%20ASSHIFA_2287200044_CP.pdf