eprintid: 46891 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 14935 dir: disk0/00/04/68/91 datestamp: 2025-02-17 02:19:01 lastmod: 2025-02-17 02:19:01 status_changed: 2025-02-17 02:19:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: tysetiawan910@gmail.com creators_name: Agus Setiawan, Agus creators_id: 3331210060 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dhimas Satria, Dhimas contributors_name: Dwinanto, Dwinanto contributors_id: 198305102012121006 contributors_id: 198301122008121001 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Teknik corp_creators: Teknik Mesin title: STUDI PENGARUH VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 2 LANGKAH 32 CC PADA KAPAL RC TIPE PSV ispublished: pub subjects: TJ subjects: TT divisions: Mesin full_text_status: restricted keywords: Bahan Bakar, Emisi Gas Buang, Motor 2 Langkah note: Motor 2 langkah 32CC untuk menggerakkan kapal RC abstract: Motor dua langkah mempunyai kadar emisi gas buang yang cukup tinggi, dan juga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang boros. Pelumasan motor dua langkah yang digunakan untuk melumasi roda gigi transmisi (gear box) tidak akan ikut melumasi komponen pada bagian dalam blok silinder seperti pada motor mesin empat langkah. Hal tersebut menjadikan motor dua langkah harus dilengkapi dengan oli samping (oil mixture). Kontes Kapal Indonesia (KKI) mengembangkan tentang inovasi desain kapal, salah satunya adalah pengembangan kapal PSV skala RC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi bahan bakar yang digunakan terhadap emisi gas buang dan bagaimana perbandingan suhu mesin yang dihasilkan pada sebuah kapal Remote Control (RC) tipe Platform Support Vessel (PSV). Metode yang digunakan adalah dengan menguji variasi bahan bakar Pertamax, Pertalite, dan Shell Super dengan oli 2T mineral, semi synthetic, dan synthetic. Hasil penelitian campuran bahan bakar dengan oli 2T yang baik digunakan untuk mendinginkan temperatur mesin adalah Shell Super dengan Mineral oil. Emisi karbon monoksida (CO) paling rendah adalah menggunakan campuran bahan bakar Pertalite dengan Mineral oil, sedangkan Emisi hidrokarbon (HC) paling rendah adalah menggunakan campuran bahan bakar Shell Super dengan Synthetic oil. date: 2025-01-06 date_type: published pages: 75 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Mesin thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana official_url: https://mesin.ft.untirta.ac.id referencetext: [1] L. Romani, G. Vichi, F. Balduzzi, A. Bianchini och G. Ferrara, ”Fine-Tuning of a Two Stoke Engine in Full Power Configuration Provided With a Low Pressure Direct Injection System,” i Conference of the Italian Thermal Machines Engineering Association, Lecce, Italy, 2017. [2] D. Arbiantara, E. Widodo och Iswanto, ”Analysis of the Effect of Bore Up Variation on Engine Performance,” Rekayasa Energi Manufaktur, vol. VIII, nr 2, pp. 63-68, 2023. [3] Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ”Pedoman Kontes Kapal Indonesia (KKI) Perguruan Tinggi 2024,” 4 November 2023. [Online]. Available: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. [Använd 2 Desember 2024]. [4] T. Ismianti och Misbachudin, ”Pengaruh Variasi Campuran Oli Samping Dengan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Suhu Mesin dan Emisi Gas Buang Pada Yamaha F1ZR 110CC,” Jurnal Mesin Industri dan Otomotif, vol. I, nr 2, pp. 1-5, 2020. [5] M. Firsan, L. K. Mangalla och L. Hasanudin, ”Pengujian Eksperimental Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Dengan Beberapa Jenis Bahan Bakar Pada Sepeda Motor,” Enthalpy, vol. VII, nr 1, pp. 37-43, 2022. [6] R. Sipahutar, ”Studi Eksperimental Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Pada Motor Yamaha Rx-King Tahun Pembuatan 2006,” i Seminar Nasional AVoER ke-3, Palembang, 2011. [7] M. Salafudin, Darmanto och T. Priangkoso, ”Analisis Pengaruh Viskositas Pelumas Multi Grade Terhadap Karakter Pelumas,” Jurnal Momentum, vol. XVI, nr 1, pp. 10-13, 2020. [8] R. Siskayanti och M. E. Kosim, ”Analisis Pengaruh Bahan Dasar terhadap Indeks Viskositas Pelumas Berbagai Kekentalan,” Jurnal Rekayasa Proses, vol. XI, nr 2, pp. 94-100, 2017. [9] L. R. A. Syahdanni och I. N. Sutantra, ”Studi Eksperimen Pengaruh Temperatur Dan Viskositas Pelumas Terhadap Performa Kendaraan Transmisi Manual (Honda Sonic 150R),” Jurnal Teknik ITS, vol. VII, nr 2, pp. 2337-3539, 2018. [10] R. Polingala och E. Annelka, ”Analisa Tegangan Tembus AC Oli Full Sintetik dan Semi Sintetik Dengan Variasi Suhu yang Berbeda,” Jurnal Multidisiplin Indonesia, vol. II, nr V, pp. 1767-1774, 2023. [11] B. Utomo, ”Hubungan Antara Konsumsi Bahan Bakar dengan Berbagai Perubahan Kecepatan pada Motor Diesel Penggerak Kapal,” Jurnal Rekayasa Mesin, vol. Vol. 15, nr No. 2, pp. 164-165, 2020. [12] M. Vildamore, Operasi Pemeliharaan Mesin Diesel Erlangga, Jakarta: Erlangga, 1986. [13] Fathun, Seri Otomotif SMK, Bandung: Nilacakra, 2020. [14] Pakpahan och Silalahi, ”Analisis Performansi Motor Bakar Pada Generator-Set Dengan Kapasitas Daya 440 kW,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Polmed, vol. Vol. 2, nr No. 2, pp. 19-20, 2021. [15] A. S. Ardiyanta och Y. Dianastiti, ”Rancang Bangun Engine Trainer Mesin Bensin sebagai Media Pembelajaran Motor Bensin,” Jurnal METTEK, vol. Vol. 8, nr No. 2, pp. 161-166, 2022. [16] A. Irawan och Adityo, ”Karakteristik Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dengan Variasi Volume Silinder dan Perbandingan Kompresi,” Jurnal Ilmiah Inovasi, vol. Vol. 15, nr No. 1, pp. 47-51, 2015. [17] M. Ferdinan, ”Analisis Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Linkungan Di Kota Balikpapan (KAL-TIM),” TRANSMISI, vol. XII, nr 1, pp. 15-24, 2016. [18] Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, ”Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor Kategori M, Kategori N, Kategori O, dan Kategori L,” 4 Agustus 2023. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id. [Använd 3 Desember 2024]. [19] A. N. Akhmadi och S. S. Budi, ”Analisis Emisi Gas Pembuangan Pada Mesin Diesel Alkon Jenis Starke DWP80,” Journal Mechanical Engineering, vol. VII, nr 2, pp. 1-3, 2018. [20] Airgas, ”Carbon Monoxide Material Safety Data Sheet,” Material Safety Data Sheet , vol. IV, nr 2, pp. 8-10, 2020. [21] I. W. J. Gobel, L. Tondobala och R. Sela, ”Sebaran Spasial Emisi Gas Karbon Dioksida (CO2) Pada Kawasan Permukiman Di Kecamatan Singkil Kota Manado,” Jurnal Spasial, vol. VI, nr 3, pp. 628-629, 2019. [22] Airgas, ”Carbon Dioxide SDS,” Carbon, vol. 1173, nr 1, pp. 1-8, 2023. [23] B. K. Putra, A. Riza och A. Aziz, ”Analisis Komposisi Gas Buang Akibat Perubahan Main Jet Nozzle Pada Sistem Karburator Mesin,” POROS, vol. XIII, nr 2, pp. 62-74, 2015. [24] Mohit, ”What are Platform Supply Vessels?,” Marine Insight, 26 May 2019. [Online]. Available: https://www.marineinsight.com. [Använd 11 November 2024]. [25] I. R. Dewanti, ”Indentification of CO Exposure, Habits, COHb Blood and Worker's Health Complaints on Basement Waterplace Apartment, Surabaya,” Jurnal of Enviromental Health, vol. X, nr 1, pp. 59-69, 2018. [26] I. Prasetyo och M. Fahrurrozi, ”Penggunaan Catalytic Converter dari Bahan Kuningan dengan Ketebalan 0,2 mm terhadap Emisi Gas buang Kendaraan pada Motor 2 Tak,” Journal of Mechanical Engineering and Science, vol. I, nr II, pp. 1-5, 2020. [27] R. Siskayanti och M. E. Kosim, ”Analisis Pengaruh Bahan Dasar terhadap Indeks Viskositas Pelumas Berbagai Kekentalan,” Jurnal Rekayasa Proses, vol. XI, nr 2, pp. 94-100, 2017. citation: Agus Setiawan, Agus (2025) STUDI PENGARUH VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 2 LANGKAH 32 CC PADA KAPAL RC TIPE PSV. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/1/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/2/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/3/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/4/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/5/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/6/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/7/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/8/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/46891/9/AGUS%20SETIAWAN_3331210060_CP.pdf