TY - THES EP - 79 TI - ANALISIS BACKUP TIME BATERAI UPS DI TERMINAL 1 BANDARA SOEKARNO-HATTA UR - https://eprints.untirta.ac.id/46173/ N1 - Seiring dengan pesatnya perkembangan transportasi udara, peran bandara semakin penting. Backup time atau waktu cadangan merupakan faktor krusial untuk memastikan kelancaran operasional sistem listrik pada terminal Bandara. Pada studi ini dilakukan analisis mengenai sistem backup time baterai di Bandara SoekarnoHatta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur durasi baterai dapat bertahan dalam kondisi tertentu sebelum habis daya dengan melakukan beberapa metode seperti survei lapangan, pengumpulan data historis, serta analisis dari data statistik terhadap data yang terkumpul. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa backup terdapat penurunan yang signifikan pada baterai 100 kVA, sementara UPS 200 kVA menunjukkan waktu backup yang stabil. Hasil yang didapatkan tersebut sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan Bandara Soekarno-Hatta. Terdapat bebrapa faktor yang dapat mempengaruhi backup time tersebut, antara lain beban listrik yang terpasang, kapasitas baterai UPS serta effiensi UPS. Berdasarkan hasil evaluasi, kapasitas UPS di terminal 1 saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik. Penurunan nilai SoH pada UPS 200 dan 100 kVA menunjukkan bahwa penggunaan UPS secara intensif dapat mempengaruhi kesehatan baterai. Penurunan ini menandakan perlunya pemantauan dan pemeliharaan lebih lanjut. Untuk meningkatkan efisiensi baterai VRLA dengan melakukan pemantauan suhu secara berkala dan mengoptimalisasi beban sesuai kapasitas baterai. Secara keseluruhan, hasil analisis ini menunjukkan bahwa beberapa baterai UPS perlu dilakukan pergantian baterai, untuk memastikan kontinuitas daya dan menghindari downtime yang dapat mengganggu operasional Bandara. KW - Uninterruptible Power Supply (UPS) KW - Battrey KW - Backup time. Uninterruptible Power Supply (UPS) KW - Baterai KW - Backup time. A1 - Frida Takarina, Shafa AV - restricted N2 - Along with the rapid development of air transportation, the role of airports is increasingly important. Backup time is a crucial factor to ensure the smooth operation of the electrical system at the airport terminal. This study analyzes the battery backup time system at Soekaro-Hatta Airport. The purpose of this study is to measure the duration that the battery can last under certain conditions before it runs out of power by conducting serval methods such as field surveys, historical data collection and analysis of statistical data on the data collected. The results of the study indicate a significant decrease in backup time for 100 kVA battery, while the 200 kVA UPS shows stable backup time. This has met the requirements set by Soekarno-Hatta Airport. There are serval factors that can affect the backup time, including the installed electrical load, UPS battery capacity and UPS effeciency. Based on the evaluation results, the current UPS capacity at terminal 1 is sufficient to meet the electricity demand. The decrease in the SoH value of the 200 and 100 kVA UPS indicates that intensive use of the UPS can affect the health of the battery. This decrease signifies the need for further monitoring and maintanance. To improve the efficiency of VRLA batteries by conducting regular temperature monitoring and optimizing the load according to the battery capacity. Overall, the result of the analysis indicate that some UPS batteries need to be replaced, to ensure power continuity and avoid downtime that could disrupt Airport operations. M1 - sarjana Y1 - 2025/// ID - eprintuntirta46173 PB - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ER -