%0 Thesis %9 S1 %A Latifah, Iis %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Kimia, %B PENDIDIKAN KIMIA %D 2025 %F eprintuntirta:45995 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Interactive e-Module, Learning Cycle 8E, iSpring Suite 10, Chemical Bond e-Modul Interaktif, Learning Cycle 8E, iSpring Suite 10, Ikatan Kimia %P 214 %T Pengembangan e-Modul Interaktif dengan Model Learning Cycle 8E berbasis Android pada Materi Ikatan Kimia %U https://eprints.untirta.ac.id/45995/ %X The development of information and communication technology greatly influences the 21st century learning process. The use of technology in the learning process is one of the demands of 21st century learning, where students must learn to use technology in developing their learning abilities. e-Module is a planned teaching material that is made very interesting so that it can help students achieve learning goals and can help students in learning independently. This study aims to produce an interactive e-Module with the Android-based Learning Cycle 8E model on the material of Chemical Bonds. The development of this e-Module uses a research and development design (Research and Development) using the Four-D research model adapted from Thiagarajan which consists of the definition stage (Define), design stage (Design), development stage (Develop), and dissemination stage (Disseminate). The dissemination or product trial stage was carried out at SMA Islam Kaffa Unggul involving 20 class XI MIPA students to find out the students responses regarding the developed e-Module. The results of the study indicate that the interactive e-Module with the Android-based Learning Cycle 8E model on the Chemical Bond material is declared valid and feasible based on the assessment of material and media experts obtaining an average value of V_{hitung} of 0.93. The assessment of student responses to the interactive e-Module with the Android-based Learning Cycle 8E model obtained an average value of 89% with a very good category. This shows that the interactive e-Module with the Android-based Learning Cycle 8E on the Chemical Bond material is declared valid and feasible to be used as a learning medium in schools. %Z Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mempengaruhi proses pembelajaran abad-21. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu tuntutan pembelajaran abad-21, yang mana peserta didik harus belajar menggunakan teknologi dalam mengembangkan kemampuan belajarnya. ¬e-Modul merupakan bahan ajar terencana yang dibuat sangat menarik sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam melakukan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Modul interaktif dengan model Learning Cycle 8E berbasis android pada materi ikatan Kimia. Pengembangan e-Modul ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Develovment) dengan menggunakan model penelitian Four-D yang diadaptasi dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Tahap penyebaran atau uji coba produk dilaksanakan di SMA Islam Kaffa Unggul yang melibatkan peserta didik kelas XI MIPA sebanyak 20 orang untuk mengetahui respon peserta didik terkait e-Modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Modul interakti dengan model Learning Cycle 8E berbasis android pada materi ikatan Kimia dinyatakan valid dan layak berdasarkan penilaian ahli materi dan media memperoleh nilai rata-rata V_{hitung} sebesar 0,93. Penilaian respon peserta didik terhadap e-Modul interaktif dengan model Learning Cycle 8E berbasis android memperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa e-Modul interaktif dengan Learning Cycle 8E berbasis android pada materi ikatan Kimia ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.