eprintid: 45956 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 19427 dir: disk0/00/04/59/56 datestamp: 2025-03-21 02:19:44 lastmod: 2025-03-21 02:19:44 status_changed: 2025-03-21 02:19:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NITYASA AMALINA, RATIH creators_id: 2228200019 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: FADLULLAH, FADLULLAH contributors_name: ROSIDAH, LAILY contributors_id: 197712302002121003 contributors_id: 198005232006042041 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU PAUD title: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: PGPAUD full_text_status: restricted keywords: Early Childhood, Learning Media, Hijaiyah Letters Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Huruf Hijaiyah note: Mengenal huruf hijaiyah sejak dini sangat penting dikarenakan hal ini merupakan dasar untuk membaca Al-Qur’an. Hal ini juga akan mengajarkan kepada anak bahwa dengan memahami dasar membaca Al-Qur’an agar ketika dewasa paham dengan pedoman pada agamanya. Selain itu, dengan mengenal huruf hijaiyah akan membantu membentuk karakter anak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, anak usia dini dapat dikenalan huruf hijaiyah oleh guru dengan menyediakan berbagai variasi media pembelajaran yang akan membantu meningkatkan minat belajar pada anak. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Fattah dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi dari media pembelajaran, pelaksanaannya hingga ditemukannya kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dan diperkuat dengan dokumentasi lapangan. Kesimpulannya adalah RA Al-Fattah telah menerapkan beberapa media pembelajaran yang dapat menunjang pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 diantaranya yaitu buku iqro yang dilengkapi dengan buku prestasi, poster, buku latihan, flashcard dan missing hijaiyah. Dalam menerapkan media-media tersebut, diperlukannya 3 proses yang dilakukan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi guna mengetahui umpan balik yang diberikan oleh anak serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media. Kelima media pembelajaran cukup efektif dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia 5-6 tahun dan guru memaksimalkan pengenalan huruf hijaiyah dengan menerapkan media yang berbeda disetiap pertemuannya secara terjadwal sehingga anak tidak akan mudah bosan, membuat semangat, rasa antusias dan minat anak selalu bertahan setiap harinya. abstract: Knowing hijaiyah letters from an early age is very important because this is the basic for reading the Qur'an. This will also teach children that by understanding the basics of reading the Qur'an so that when they grow up they understand the guidelines of their religion. In addition, recognizing hijaiyah letters will help shape children's character to be applied in everyday life. In this case, early childhood can be introduced to hijaiyah letters by the teacher by providing a variety of learning media that will help increase children's interest in learning. This research was conducted at RA Al-Fattah with the aim of this study is to find out the variations of learning media, the implementation until the discovery of the advantages and disadvantages of each media. Data collection techniques by conducting observations, in-depth interviews and strengthened by field documentation. The conclusion is that RA Al-Fattah has implemented several learning media that can support the implementation of the introduction of hijaiyah letters in children aged 5-6 including iqro books equipped with achievement books, posters, exercise books, flashcards and missing hijaiyah. In applying these media, it is necessary to have 3 processes carried out by the teacher, namely planning, implementation, and evaluation to find out the feedback given by the child and to find out the advantages and disadvantages of each media. The five learning media are quite effective in introducing hijaiyah letters to children aged 5-6 years and teachers maximize the introduction of hijaiyah letters by applying different media at each meeting on a scheduled basis so that children will not get bored easily, making spirit, enthusiasm and children's interest always last every day. date: 2024 date_type: published pages: 183 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NITYASA AMALINA, RATIH (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/3/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/4/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/5/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/6/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/7/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/8/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/9/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/17/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45956/18/RATIH%20NITYASA%20AMALINA_2228200019_Fulltext.pdf