eprintid: 45885 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 7839 dir: disk0/00/04/58/85 datestamp: 2025-03-03 06:14:48 lastmod: 2025-03-03 06:15:31 status_changed: 2025-03-03 06:15:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SETIANA, PUTRI creators_id: 2227180042 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ROSIDIN, ODIEN contributors_name: YULIANA, RINA contributors_id: 197612222002121001 contributors_id: 198604242014042001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DENGAN DESAIN “KATA TANYA” UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA LANJUTAN PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD ispublished: pub subjects: L1 divisions: PGSD divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Learning media, scrapbook, elementary school Media pembelajaran, scrapbook, sekolah dasar note: Penelitian ini bertujan untuk mengembangkan produk media pembelajaran Scrapbook dengan desain “kata tanya” untuk melatih kemampuan membaca lanjutan pada materi Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 kelas IV Sekolah Dasar. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sentul 4 Serang. Adapun subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV (Empat) Model penelitian yang digunakan adalah model Research & Development yang telah dimodifikasi dengan 6 langkah yakni, analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, merancang desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, dan uji coba produk (uji coba terbatas). peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik studi pendahuluan, wawancara, observasi, pengumpulan angket, dan dokumentasi. Media scrapbook ini telah melewati tahap validasi oleh enam ahli dengan mendapatkan skor keseluruhan sebesar 86,6 dengan kategori sangat layak. Perolehan skor keseluruhan tersebut didapatkan dari akumulasi rata-rata ahli media sebesar 84%, ahli bahasa sebesar 84% dan ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak dari ketiga penilaian ahli tersebut. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan pengumpulan angket mendapatkan skor kepuasan sebesar 97,8% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook dengan desain “kata tanya” untuk melatih kemampuan membaca lanjutan dinyatakan layak untuk dikembangkan serta digunakan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. abstract: This research aims to develop a Scrapbook learning media product with a "question word" design to train advanced reading skills in Theme 2 Subtheme 1 Learning 1 class IV elementary school material. The place of research was carried out at Sentul 4 Serang State Elementary School. The subjects of this development research is grade IV. The research model used is the Research & Development model which has been modified with 6 steps, i.e, analyzing potential and problems, collecting data, designing product designs, validating product designs, revising product designs, and product trials (limited trials). Researchers collected data using preliminary study techniques, interviews, observation, questionnaire collection and documentation. This scrapbook media has passed the validation stage by six experts by getting an overall score of 86.6 in the very worthy category. The overall score was obtained from an average accumulation of 84% for media experts, 84% for language experts and 92% for material experts with a very decent category from the three expert assessments. The trial was carried out on class IV students by collecting questionnaires and getting a satisfaction score of 97.8% in the very good category. It can be concluded that the development of scrapbook media with a "question word" design to train advanced reading skills is declared feasible for development and use by fourth grade elementary school students. date: 2022 date_type: published pages: 93 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: SETIANA, PUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DENGAN DESAIN “KATA TANYA” UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA LANJUTAN PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/3/Skripsi%20putri%20fix.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/4/Skripsi%20putri%20fix_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/5/Skripsi%20putri%20fix_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/6/Skripsi%20putri%20fix_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/7/Skripsi%20putri%20fix_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/8/Skripsi%20putri%20fix_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/9/Skripsi%20putri%20fix_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45885/10/Skripsi%20putri%20fix_Lamp.pdf