TY - THES UR - https://eprints.untirta.ac.id/45841/ N1 - Penelitian ini dilakukan di SDN Panimbangjaya 5, Kabupaten Pandeglang untuk dilakukannya pengambilan data, temuan dan hasil. Dalam upaya menghadapi tantangan abad ke 21, adanya pendidikan karakter religius sangat dibutuhkan guna mengatasi terjadinya krisis moral dan bentuk penyelewengan yang marak terjadi. Implementasi pendidikan karakter religius ini sebagai pondasi dalam memfilter nilai-nilai yang cenderung berseberangan moral. Penelitian ini bertujuan membahas mengenai urgensi implementasi pendidikan karakter religius anak usia sekolah dasar dalam menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini menemukan bahwa penguatan karakter religius diimplementasikan melalui berbagai kebiasaan keagamaan yang diterapkan pada siswa. Di SDN Panimbangjaya 5, kegiatan keagamaan tersebut meliputi pembacaan surat-surat pendek dari Juz 'Amma sebelum dimulainya pelajaran, kegiatan Jum'at Takwa yang diisi dengan shalat Dhuha berjamaah, pembacaan Shalawat bersama, pelafalan Asmaul Husna, serta kegiatan keagamaan yang dipimpin secara bergilir oleh Da?i/Da?iyah dari kalangan siswa setiap minggu. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius, terdapat berbagai faktor pendukung dan penghambat yang muncul. Adapun faktor pendukung; (1) dukungan penuh dari pihak sekolah (2) antusiasme siswa (3) adanya dukungan orang tua. Faktor penghambat; (1) keragaman latar belakang siswa (2) keterbatasan waktu dan sumber daya (3) sarana dan prasarana yang belum memadai (4) adaptasi terhadap pekembangan zaman. Metode dalam penelitian menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Y1 - 2024/// M1 - sarjana ID - eprintuntirta45841 AV - restricted A1 - FIJRIYATI, FIJRIYATI TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS (JUM?AT TAKWA) SEBAGAI PONDASI MENGHADAPI TANTANGAN ABAD KE 21 DI SDN PANIMBANGJAYA 5 N2 - This research was conducted at SDN Panimbangjaya 5, Pandeglang Regency for data collection, findings and results. In an effort to face the challenges of the 21st century, the existence of religious character education is needed to overcome the moral crisis and rampant forms of misappropriation. The implementation of religious character education is a foundation in filtering values that tend to be morally opposite. This study aims to discuss the urgency of implementing religious character education for elementary school children in facing the challenges of the 21st century. This study found that strengthening religious character is implemented through various religious habits applied to students. At SDN Panimbangjaya 5, the religious activities include the recitation of short letters from Juz 'Amma before the start of lessons, Friday Takwa activities filled with Dhuha prayers in congregation, recitation of Shalawat together, recitation of Asmaul Husna, and religious activities led in rotation by Da'i/Da'iyah from among students every week. In the implementation of religious character education, there are various supporting and inhibiting factors that arise. The supporting factors; (1) full support from the school (2) student enthusiasm (3) parental support. The inhibiting factors; (1) the diversity of student backgrounds (2) limited time and resources (3) inadequate facilities and infrastructure (4) adaptation to the times. The research method uses Descriptive Qualitative Method with data collection techniques including interviews, observation and documentation. EP - 202 PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA KW - Implementation KW - Religious Character Education KW - 21st Century Challenges Implementasi KW - Pendidikan Karakter Religius KW - Tantangan Abad 21 ER -