TY - THES N1 - Kemajuan teknologi berpengaruh pada pengembangan sumber belajar digital seperti e-modul yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan e-modul budidaya hidroponik terintegrasi metaverse untuk meningkatkan literasi digital siswa SMA pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan metode quasi experiment sebagai bagian dari tahap develop (uji lapangan) metode research and development (R&D) dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Desember 2024 di kelas XII MIPA 4 SMAN 7 Kota Serang dengan total sampel yang digunakan yaitu 31 siswa. Efektivitas pembelajaran dilihat dari hasil belajar siswa (diukur dengan instrumen tes literasi digital) dan proses pembelajaran (diukur dengan angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan jurnal refleksi). Hasil penelitian pada hasil belajar siswa yang diukur menggunakan tes literasi digital diperoleh nilai sebesar 86,29% yang termasuk kategori efektif. Selain itu, ditunjang dengan data angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul diperoleh nilai sebesar 91,72% yang termasuk kategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul budidaya hidroponik terintegrasi metaverse efektif dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN E-MODUL BUDIDAYA HIDROPONIK TERINTEGRASI METAVERSE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA (PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN) Y1 - 2025/// AV - restricted UR - https://eprints.untirta.ac.id/45815/ ID - eprintuntirta45815 M1 - sarjana N2 - Technological advances influence the development of digital learning resources such as e-modules used in the learning process. This research aims to determine the effectiveness of implementing the metaverse integrated hydroponic cultivation e-module to increase high school students digital literacy in the concept of plant growth and development. The research method used was a quasi-experiment method as part of the development (field test) stage of the research and development (R&D) method with a One-Shot Case Study research design. The research was carried out in June-December 2024 in class XII MIPA 4 SMAN 7 Serang City with a total sample of 31 students. Learning effectiveness is seen from student learning outcomes (measured by digital literacy test instruments) and the learning process (measured by student response questionnaires regarding the use of e-modules, learning implementation observation sheets, and reflection journals). The results of research on student learning outcomes measured using digital literacy tests obtained an score of 86.29% which is in the effective category. Apart from that, supported by questionnaire data on student responses to the use of e-modules, an score of 91.72% was obtained, which is in the very appropriate category. These results show that the metaverse integrated hydroponic cultivation e-module is effective and very suitable for used in learning to improve students' digital literacy skills in plant growth and development material. A1 - HABIBAH, RIZKA EP - 162 KW - digital literacy KW - e-module KW - hydroponic cultivation KW - learning effectiveness KW - metaverse budidaya hidroponik KW - efektivitas pembelajaran KW - e-modul KW - literasi digital KW - metaverse PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ER -