%D 2025 %O Media pembelajaran merupakan salah satu media yang efisien dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan media pembelajran, mengetahui tingkat kelayakan media dan jobsheet serta menguji tingkat efektivitas media dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT di SMK Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), penelitian ini mengadopsi model ADDIE (Branch, 2009). Model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation, (5) Evaluation. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi listrik menggunakan PLTS berbasis IoT. adapun penilaian tingkat kelayakan media dan jobsheet pembelajaran melibatkan 5 orang ahli media dan materi, serta untuk uji coba produk sebagai pengguna menggunakan peserta didik kelas XI TITL 2 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 4 Kota Serang dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, wawancara, dan tes pengetahuan awal peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT merujuk dengan kelayakan media trainer. berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh para ahli media dalam aspek kualitas tampilan, kualitas teknis, dan kebermanfaatan yaitu mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 92,3 dengan rentang skor x ≥ 78 dengan kualifikasi “Sangat Layak”, hasil evaluasi kelayakan media jobsheet pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh para ahli materi dalam aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kebermanfaatan memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 101 dengan rentang skor x ≥ 84 dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Sehingga dalam hal ini dapat diartikan media trainer dan jobsheet pembelajaran sudah baik dan sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik sebagai media pembelajaran.kemudian penilaian peserta didik sebagai pengguna terhadap media trainer dan jobsheet pembelajaran didapatkan hasil nilai rata-rata keseluruhan sebesar 90,45 dengan rentang skor x ≥ 81 dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Lalu tingkat efektivitas media trainer dan jobsheet pembelajaran menggunakan n-gain yang diperoleh pada saat penggunaan media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT memperoleh hasil tingkat efektivitas sebesar 0,7073 yang berada pada interval n-gain > 0,70 atau “Efektivitas Tinggi”. %A REPDHI FEBRIYAN %T TRAINER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN %K Trainer, Internet of Things (IoT), Electric Lighting Installation, Solar Power Plant (PLTS) Trainer, Berbasis Internet of Things (IoT), Instalasi Penerangan Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) %L eprintuntirta45729 %X Learning media is one of the efficient media in delivering material in the learning process. This study aims to develop learning media, determine the level of feasibility of media and jobsheet and test the level of effectiveness of media and jobsheet for learning electrical lighting installations using IoT-based PLTS at State Vocational High School 4, Serang City. This research is a type of research and development or Research and Development (R&D), this study adopts the ADDIE model (Branch, 2009). This ADDIE model consists of five stages, namely (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation, (5) Evaluation. The final product produced in this study is a media trainer and jobsheet for learning electrical installations using IoT-based PLTS. The assessment of the level of feasibility of media and learning jobsheet involved 5 media and material experts, and for product trials as users using class XI TITL 2 students of the Electrical Power Installation Engineering Expertise Program at State Vocational High School 4, Serang City with a total of 24 students. The data collection method in this study used data from observations, interviews, and initial knowledge tests of students. The results of the study indicate that the level of eligibility of the media and jobsheet for learning electrical lighting installations using IoT-based PLTS refers to the eligibility of the media trainer. based on the results of the evaluation carried out by media experts in terms of display quality, technical quality, and usefulness, namely getting an overall average value of 92.3 with a score range of x ≥ 78 with the qualification "Very Eligible", the results of the evaluation of the eligibility of the learning jobsheet media based on the results of the evaluation carried out by material experts in terms of content quality and objectives, learning quality, and usefulness obtained an overall average value of 101 with a score range of x ≥ 84 with the qualification "Very Eligible". So in this case it can be interpreted that the media trainer and learning jobsheet are good and very feasible to be used by students as learning media. Then the assessment of students as users of the media trainer and learning jobsheet obtained an overall average value of 90.45 with a score range of x ≥ 81 with the qualification "Very Eligible". Then the level of effectiveness of the trainer media and learning jobsheet using n-gain obtained when using the trainer media and learning jobsheet for electrical lighting installation using IoT-based PLTS obtained an effectiveness level of 0.7073 which is in the n-gain interval > 0.70 or "High Effectiveness". %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA