%0 Thesis %9 S1 %A Andriani, Nita %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2024 %F eprintuntirta:45692 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Reading Community, Community Role, Reading, Earlier Reading in Ability Komunitas Baca, peranan komunitas, membaca, membaca permulaan %P 229 %T Analisis Peranan Komunitas Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan %U https://eprints.untirta.ac.id/45692/ %X This study aims to be able to describe the role of Reading Community activities on the initial reading ability in SD Negeri Singapadu. The focus of this research starts from the implementation, role, to the results of the role of Reading Community activities on initial reading. This research was carried out with a descriptive qualitative approach involving 23 students who were members of the Reading Community activities. The results of the study show that in the implementation of Reading Community activities, students will be taught through 3 stages, namely the habituation stage, the core activity stage and the evaluation stage. This Reading Community carries out its role as a community by becoming a driver of self- development for students, an institution that builds reading interest, as a facilitator and motivator and acts as an agent of change. The results of the study also show that this reading community plays a role in improving the initial reading ability for students. This can be seen from the various improvements shown by students in recognizing letters, syllables, words and sentences. %Z .Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan peranan dari kegiatan Komunitas Baca terhadap kemampuan membaca permulaan di SD Negeri Singapadu. Fokus dari penelitian ini dimulai dari pelaksanaan, peranan, hingga hasil dari peranan kegiatan Komunitas Baca terhadap membaca permulaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan 23 peserta didik yang tergabung dalam kegiatan Komunitas Baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan kegiatan Komunitas Baca peserta didik akan diajarkan melalui 3 tahapan, yakni tahapan pembiasaan, tahapan kegiatan inti dan tahapan evaluasi. Komunitas Baca ini menjalankan peranannya sebagai sebuah komunitas dengan menjadi sebuah pendorong pengembangan diri bagi peserta didik, menjadi lembaga pembangun minat baca, sebagai fasilitator dan motivator serta berperan sebagai agen perubahan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Komunitas Baca ini berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai peningkatan yang ditunjukkan oleh peserta didik dalam mengenal huruf, suku kata, kata sampai pada kalimat.