%0 Thesis %9 S1 %A AYU SONDARI, RATNA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, %A JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK, %B ADMINISTRASI PUBLIK %D 2024 %F eprintuntirta:45680 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Transportation, Bus Rapid Transit, BRT Si Tayo, Tangerang City, Program evaluation Transportasi, Bus Rapid Transit, BRT Si Tayo, Kota Tangerang, Evaluasi program %P 381 %T EVALUASI PROGRAM BUS RAPID TRANSIT (BRT) SI TAYO DI KOTA TANGERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/45680/ %X Transportation is an important aspect in supporting community mobility and economic growth. However, the increase in population and the high use of private vehicles in urban areas have resulted in traffic congestion and a decline in the quality of public transportation services. This study aims to evaluate the Si Tayo Bus Rapid Transit (BRT) program in Tangerang City. In this study, a descriptive qualitative method was used, with the determination of informants using purposive techniques. The results show that the BRT Si Tayo program is still ineffective in achieving its main objective, which is to facilitate some people in meeting the needs of all activities in Tangerang City so as to reduce congestion. This is due to various obstacles that need to be corrected, including the absence of a special BRT lane, uncertainty of bus waiting time, lack of manpower in management, unprofessional drivers, lack of maintenance of facilities and infrastructure, limited budget for program optimization, and many users still make payments in cash. The Tangerang City Government through PT Tangerang Nusantara Global (PT TNG) has made efforts to improve the public transportation system. However, to achieve optimal results, it is necessary to improve infrastructure, better management, as well as additional fleet and apparatus resources. This research is expected to provide useful recommendations for the development of BRT transportation system in Tangerang City as well as provide insights for transportation policies in other big cities. %Z Transportasi merupakan aspek penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Namun, peningkatan jumlah penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi di perkotaan mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan menurunnya kualitas layanan angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Bus Rapid Transit (BRT) Si Tayo di Kota Tangerang. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif, dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BRT Si Tayo masih kurang efektif dalam mencapai tujuan utamanya, yaitu memudahkan sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan segala aktivitas di Kota Tangerang sehingga mengurangi kemacetan. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala yang perlu diperbaiki, antara lain tidak adanya jalur khusus BRT, ketidakpastian waktu tunggu bus, kekurangan tenaga kerja dalam pengelolaan, ketidakprofesionalan sopir, kurangnya pemeliharaan sarana serta prasarana, terbatasnya anggaran untuk optimalisasi program, dan masih banyak pengguna yang melakukan pembayaran secara tunai. Pemerintah Kota Tangerang melalui PT Tangerang Nusantara Global (PT TNG) telah berupaya meningkatkan sistem transportasi publik. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, perlu adanya peningkatan infrastruktur, pengelolaan yang lebih baik, serta penambahan armada dan sumber daya aparatur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi pengembangan sistem transportasi BRT di Kota Tangerang serta memberikan wawasan untuk kebijakan transportasi di kota-kota besar lainnya.