eprintid: 45671 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 1894 dir: disk0/00/04/56/71 datestamp: 2025-02-03 11:08:35 lastmod: 2025-02-04 14:22:35 status_changed: 2025-02-04 14:22:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hayya Dea Yustiani, Dea creators_id: 3333180093 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sirajuddin, Sirajuddin contributors_name: Dyah Lintang Trenggonowati, Lintang contributors_id: 197712212009121002 contributors_id: 198704202014042001 corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: Aplikasi Six Sigma dan DMAIC untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Bongkar Muat di Pelabuhan Cigading ispublished: pub subjects: T1 subjects: TA divisions: Industri full_text_status: restricted keywords: Six Sigma, DMAIC, Fishbone, 5W+1H abstract: Six sigma merupakan metode berbasis data untuk mengarahkan perusahaan sehinga mencapai tingkat kualitas terbaik dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Terdapat dua alat utama yang digunakan dalam konsep six sigma DMAIC. Pelabuhan cigading yang terletak di Kota Cilegon merupakan pelabuhan terbesar yang melakukan bongkar miat curah. Berdasarkan penelitian, nilai sigma merupakan tolak ukur statistik untuk tingkat kecacatan. Nilai yang berhasil dicapai operasi bongkar muat Pelabuhan Cigading adalah 4,85 sigma, sementara itu standar internasional adalah 6 sigma, artinya masih ada peluang untuk peningkatan sebesar 2 sigma lagi agar mendekati standar kelas dunia. Berdasarkan analisis 5W+1H pada fishbone diagram, dapat dirancang beberapa usulan perbaikan untuk meningkatnya optimalisasi kinerja kualitas pelayanan proses bongkar muat diPelabuhan Cigading, upaya perbaikan yang diususlkan mencakup aspek manusia (operator), metode, mesin, lingkungan dan material date: 2025-01-23 date_type: published pages: 85 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: TEKNIK INDUSTRI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Hayya Dea Yustiani, Dea (2025) Aplikasi Six Sigma dan DMAIC untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Bongkar Muat di Pelabuhan Cigading. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/1/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/2/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/3/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/4/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/5/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/6/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/7/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/8/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/9/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45671/11/Hayya%20Dea%20Yustiani_3333180093_CP.pdf