@phdthesis{eprintuntirta45562, year = {2025}, author = {Vinka Nur Octaviani}, title = {PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU SAKU NANOTECHNOLOGY BERBANTUAN MIND MAP (Nano World Map)}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Kesulitan siswa dalam memahami materi struktur atom - nanoteknologi pada Kurikulum Merdeka sering terjadi karena abstraksi skala nano yang sulit dibayangkan tanpa visualisasi atau simulasi yang memadai. Keterbatasan pemahaman dasar tentang struktur atom, minimnya keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta kurangnya fasilitas praktik di sekolah membuat siswa kesulitan memahami konsep dan aplikasi nanoteknologi. Dibutuhkan pendekatan kontekstual dan penggunaan media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi. Aplikasi NWM dikembangkan untuk mempermudah pemahaman materi struktur atom dan nanoteknologi pada kurikulum merdeka. Dengan visualisasi konsep digital mind map, aplikasi ini menyajikan konsep secara terstruktur dan interaktif, membantu siswa menghubungkan teori dasar dengan aplikasi. Fitur digitalnya dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas, minat belajar, dan relevansi materi dalam kehidupan nyata. Menyederhanakan informasi kompleks dengan cara yang lebih ringkas, dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi buku saku berbantuan mind map bernama Nano World Map sebagai media pembelajaran interaktif dan inovasi, yang memberikan pengalaman belajar baru pada materi struktur atom - nanoteknologi. Metode penelitian menggunakan model Research and Development (R\&D) dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi NWM memiliki validitas dan usabilitas yang sangat tinggi, dengan skor 0,92 untuk validasi media dan 1,00 untuk validasi materi, serta skor koefisien usability 0,93 untuk media dan 1,00 untuk materi, dan hasil respon siswa setelah menggunakan aplikasi NWM mendapatkan nilai persentase rata-rata nilai respon siswa 96.72\% dengan kategori sangat baik, penilaian tersebut berdasarkan presentase nilai rata-rata dari aspek ketertarikan penggunaan aplikasi, aspek kesesuain materi dan soal, dan aspek bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi NWM efektif digunakan dalam pembelajaran kimia, meningkatkan pengalaman belajar siswa, dan memberikan kemudahan dalam memahami konsep nanoteknologi secara praktis. Penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi inovatif bagi pembelajaran kimia di tingkat SMA/MA.}, keywords = {Nano World Map, Learning media, Nanotechnology. Nano World Map, Media pembelajaran, Nanoteknologi.}, abstract = {Students' difficulties in understanding atomic structure - nanotechnology material in the Merdeka Curriculum often occur due to nanoscale abstractions that are difficult to imagine without adequate visualization or simulation. Limited basic understanding of atomic structure, lack of connection to everyday life, and lack of practical facilities at school make it difficult for students to understand nanotechnology concepts and applications. A contextual approach is needed and the use of interactive learning media can be a solution. The NWM application was developed to facilitate understanding of atomic structure and nanotechnology material in the independent curriculum. With digital mind map concept visualization, the app presents concepts in a structured and interactive manner, helping students connect basic theory with application. Its digital features are designed to increase accessibility, interest in learning, and real-life relevance of the material. It simplifies complex information in a more concise, accessible way. This research aims to develop a mind map-assisted pocket book application called Nano World Map as an interactive and innovative learning media, which provides a new learning experience on atomic structure material - nanotechnology. The research method uses the Research and Development (R\&D) model with the results showing that the NWM application has very high validity and usability, with a score of 0.92 for media validation and 1.00 for material validation, as well as a usability coefficient score of 0.93 for media and 1.00 for material, and the results of student responses after using the NWM application get an average percentage value of student response scores of 96.72\% with a very good category, the assessment is based on the percentage of the average value of the aspects of interest in using the application, aspects of the suitability of material and questions, and language aspects. The results showed that the NWM application was effective in learning chemistry, improving students' learning experience, and providing convenience in understanding the concept of nanotechnology in a practical way. This research is expected to be an innovative contribution to chemistry learning at the SMA/MA level.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/45562/} }