%0 Thesis %9 S1 %A LUTFIANTI, ZERLINDA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS, %B PENDIDIKAN KHUSUS %D 2024 %F eprintuntirta:45520 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Animated Video-based Interactive Media, Autistic Students, Expressive Language Skills. Kemampuan Bahasa Ekspresif, Media Interaktif berbasis Video Animasi, Siswa Autis. %P 227 %T PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PENINGKATAN BAHASA EKSPRESIF PADA SISWA AUTIS DI SKH BOUGENVILLE KOTA TANGERANG SELATAN %U https://eprints.untirta.ac.id/45520/ %X The purpose of this study is to provide improvements in expressive language through the use of interactive media with the help of animated videos for autistic students at SKh Bougenville, South Tangerang City. The type of research applied is experimental research with the form of Single Subject Research with an A1-B-A2 design which is included in quantitative research. The problem in this study is the low expressive language ability of autistic individuals. One of the causes is the lack of development and variation of learning media that focuses on expressive language. The subjects in this study were autistic individuals in grade 2 of junior high school at SKh Bougenville, South Tangerang City, namely TC. The target behavior (dependent variable) in this study is expressive language ability, while the free variable (independent variable) is interactive media based on animated videos. From the research produced, it is proven that the application of interactive media assisted by animated videos can improve expressive language skills in autistic students at SKh Bougenville. The mean level of the A1 baseline phase at TC was 40%. The mean level obtained in the intervention phase was 89%, while the A2 baseline obtained was 78%. The resulting research shows that the intervention phase shows a higher percentage compared to the baseline A1 phase. The baseline A2 phase also obtained a higher percentage when compared to the baseline A1 phase. Therefore, the conclusion of the research conducted is that the application of interactive media based on animated videos provides an increase in expressive language skills for autistic individuals at SKh Bougenville, South Tangerang City. %Z Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat memberi peningkatan pada bahasa ekspresif melalui penggunaan media interaktif dengan bantuan video animasi pada siswa autis di SKh Bougenville Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang diterapkan yakni penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research yang berdesain A1-B-A2 yang termasuk pada penelitian kuantitatif. Permasalahan pada studi ini ialah kemampuan berbahasa ekspresif yang masih rendah terhadap individu autis. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pengembangan dan variasi media pembelajaran yang berfokus untuk bahasa ekspresif. Subjek pada penelitian ini ialah individu autis kelas 2 SMP di SKh Bougenville Kota Tangerang Selatan, yaitu TC. Target behavior (variabel dependen) pada studi ini yaitu kemampuan berbahasa ekspresif, sedangkan variabel bebas (variabel independen) yaitu media interaktif berbasis video animasi. Dari penelitian yang dihasilkan, terbukti bahwa penerapan media interaktif berbantuan video animasi mampu meningkatan kemampuan berbahasa ekspresif pada siswa autis di SKh Bougenville. Mean level fase baseline A1 pada TC sebesar 40%. Mean level yang diperoleh dalam fase intervensi yakni 89%, sementara baseline A2 yang didapatkan yakni 78%. Penelitian yang dihasilkan menunjukkan bahwa pada fase intervensi menunjukkan persentase yang lebih tinggi dibandingkan dengan fase baseline A1. Adapun fase baseline A2 juga memperoleh persentase yang lebih tinggi apabila disandingkan dengan fase baseline A1. Demikian, simpulan dari penelitian yang dilaksanakan yaitu penerapan media interaktif berbasis video animasi memberikan peningkatan terhadap kemampuan bahasa ekspresif terhadap individu autis di SKh Bougenville Kota Tangerang Selatan.