@phdthesis{eprintuntirta45490, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, year = {2024}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan filter TikTok ?Guess My Job? yang dapat membantu Generasi Z dalam mengeksplorasi berbagai pilihan karir serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap minat karir mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R\&D) dengan model Waterfall yang mencakup tahap Analisa, Desain, Pengkodean, dan Pengujian. Partisipan uji coba penelitian ini yaitu 17 orang peserta didik kelas XII SMAN 7 Kota Serang yang termasuk kedalam kategori Generasi Z dengan pemahaman minat karir terendah. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil uji coba kelayakan produk memperoleh skor sebesar 95\% pada uji kelayakan instrumen dan materi, kemudian 92,18\% pada uji kelayakan media dan bahasa. Sehingga nilai rata-rata yang diperoleh adalah 93,59\% atau berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan pada hasil uji coba terbatas, pemahaman minat karir para peserta didik meningkat hingga 59\%, sehingga dapat dikatakan bahwa Filter TikTok ?Guess My Job? cukup layak untuk diimplementasikan dalam meningkatkan pemahaman minat karir Generasi Z.}, author = {NUR DIANA ALI}, title = {PENGEMBANGAN FILTER TIKTOK ?GUESS MY JOB? UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI Z TERHADAP MINAT KARIR}, abstract = {This research aims to develop the TikTok filter ?Guess My Job,? designed to assist Generation Z in exploring various career options and enhancing their understanding of career interests. The study employed a Research and Development (R\&D) method using the Waterfall model, which encompasses the stages of Analysis, Design, Coding, and Testing. The participants of this study consisted of 17 twelfth-grade students from SMAN 7 Kota Serang, identified as part of Generation Z with the lowest levels of career interest comprehension. Data were collected through questionnaires, interviews, and observations. The feasibility test results indicated a score of 95\% for the instrument and material validation, and 92.18\% for media and language validation. The overall average score was 93.59\%, placing it in the "highly feasible" category. Based on the findings from the limited trial, students? understanding of career interests improved by 59\%, indicating that the TikTok filter ?Guess My Job? is highly suitable for enhancing Generation Z?s understanding of career interests.}, keywords = {Generation Z, career interests, TikTok, interactive filter, career guidance. Minat karir, Generasi Z, Filter TikTok, media bimbingan karir.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/45490/} }