%0 Thesis %9 S1 %A SAPUTRI, RESI %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS, %B PENDIDIK,AN KHUSUS %D 2024 %F eprintuntirta:45458 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Early writing skills, moveable alphabet media, students with intellectual disabilities. Media Large Moveable Alphabet (LMA), menulis permulaan, siswa tunagrahita. %P 159 %T PENERAPAN MEDIA LARGE MOVEABLE ALPHABET (LMA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/45458/ %X The purpose of this study is to investigate the application of the Large Moveable Alphabet (LMA) media to enhance early writing skills in students with intellectual disabilities in the fourth grade at SKh Samantha in Serang City. As observed in the field, students struggled with writing the alphabet and faced difficulties in copying letters, showing a lack of enthusiasm during writing lessons. This study employs an experimental method with a single-subject research design (Single Subject Research), using an A-B-A design. The subject of this study is a fourthgrade student at SKh Samantha, identified as S. The target behavior in this research is to improve early writing skills. Based on the results, it is evident that the application of the Large Moveable Alphabet (LMA) media has a positive impact on improving the students' early writing skills. Data obtained from the baseline phase (A1) shows a mean level of 25, indicating that the subject was in a natural condition without any treatment or intervention. During the intervention phase (B), the mean level increased to 78.876, reflecting the effect of the LMA media intervention. In the second baseline phase (A2), the mean level was 57, which is an improvement from the first baseline phase (A1). Based on these findings, it can be concluded that the application of the Large Moveable Alphabet (LMA) media significantly improves the early writing skills of students with intellectual disabilities in the fourth grade at SKh Samantha in Serang City. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa tunagrahita kelas IV di SKh Samantha Kota Serang. Sebagaimana temuan dilapangan bahwa siswa masih belum mampu dalam menulis permulaan huruf abjad. Siswa juga mengalami kesulitan dalam menyalin huruf dan juga kurang antusias saat belajar menulis huruf. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan suubjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain AB-A. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SKh Samantha Kota Serang yakni, S. Target Behavior dalam penelitian ini adalah meingkatkan kemampuan menulis permulaan. Berdasarkan temuan penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) dapat meninggkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Perolehan data terhadap subjek yang didapat dari nilai mean level fase Baseline 1 (A1) adalah 25 pada fase ini subjek diteliti berada dalam kondisi alamiah tanpa adanya perlakuan atau Intervensi. Pada fase intervensi (B) perolehan data yang didapat dari nilai mean level subjek sebesar 78,876 karena pada fase ini subjek sudah mulai di berikan perlakuan atau intervensi berupa media Large Moveable Alphabet. Sementara pada fase Baseline 2 (A2) rata-rata presentase mean level subjek 57 atau meningkat dari Baseline 1 (A1). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas IV di SKh Samantha Kota Serang.