relation: https://eprints.untirta.ac.id/45446/ title: PERBANDINGAN KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN METODE PKJI DAN APLIKASI RANCANG ANALISIS KINERJA JALAN (RAKJA) (STUDI KASUS JALAN PERKOTAAN CILEGON DAN KOTA TANGERANG) creator: Goni, Samuel Handalistyawan subject: TA Engineering (General). Civil engineering (General) description: Perkembangan perkotaan dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat, lokasi, kepadatan penduduk, serta faktor ekonomi, yang semuanya merupakan Karakteristik penting dalam sistem perkotaan. Di kota-kota Provinsi Banten seperti Cilegon dan Tangerang, infrastruktur transportasi, terutama jalan utama, memainkan peran kunci dalam mendukung mobilitas dan pertumbuhan ekonomi. Dengan jumlah penduduk yang besar, baik Cilegon maupun Tangerang menghadapi tantangan dalam mengelola volume lalu lintas yang terus meningkat. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan analisis mendalam guna memahami arus lalu lintas, tingkat kemacetan, dan faktor terkait lainnya. Pada penelitian ini, dibandingkan metode manual menggunakan metode PKJI 2014 dengan penggunaan aplikasi RAKJa. Dari penelitian yang sudah dilakukan dengan mengambil beberapa ruas jalan di dua kota yaitu Cilegon dan Kota Tangerang, didapatkan persentase selisih perbedaan perhitungan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dengan perhitungan RAKJa yaitu untuk volume lalu lintas nilai selisih terbesarnya 2,92%, kapasitas jalan nilai selisih terbesarnya 2,27%, derajat kejenuhan nilai selisih terbesarnya 4,40%, dan untuk tingkat pelayanan dari semua ruas jalan memiliki nilai selisih 0%.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perhitungan secara manual dengan menggunakan aplikasi RAKJa menunjukkan selisih yang kecil. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa perhitungan tersebut sesuai dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014. date: 2024 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/2/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_02.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/3/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_03.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/4/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_04.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/5/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_05.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/6/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_06.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/7/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_CP.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/8/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_Fulltext.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/9/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_Lamp.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/10/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_Ref.pdf format: text language: en identifier: https://eprints.untirta.ac.id/45446/11/Samuel%20Handalistyawan%20Goni_3336200034_01.pdf identifier: Goni, Samuel Handalistyawan (2024) PERBANDINGAN KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN MENGGUNAKAN METODE PKJI DAN APLIKASI RANCANG ANALISIS KINERJA JALAN (RAKJA) (STUDI KASUS JALAN PERKOTAAN CILEGON DAN KOTA TANGERANG). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.