%0 Thesis %9 S1 %A Maulana Arisala, Rian %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A Pendidikan Sejarah, %B Pendidikan Sejarah %D 2024 %F eprintuntirta:45434 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Critical thinking, Media Video Slideshow Berpikir Kritis, Media Video Slideshow %P 193 %T PENGARUH MEDIA VIDEO BERBASIS SLIDESHOW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI INDONESIA ZAMAN PRA-AKSARA DI SMA NEGERI 1 CIKEUSAL %U https://eprints.untirta.ac.id/45434/ %X students' critical thinking skills in pre-literate Indonesian material at SMA Negeri 1 Cikeusal in the academic year 2020/2021. The research method used is a quasi- experimental. The sampling technique was purposive sampling. Sampel data collection was carried out in August-September 2020. Data on critical thinking skills were obtained from the pretest and posttest control class and experimental class. Data analysis using t-test. Based on the research results, it shows that there are differences in critical thinking skills between students who use video slideshow learning media and students who do not use video slideshow learning media. The results of data analysis can be seen from the one-party test with α = 0.05, namely1.44> -2.64, then Ho is rejected and Hα is accepted. There is a significant influence in the use of slideshow-based video media on critical thinking skills of students in pre-literate Indonesian material. The results of data analysis can be seen from the mean difference test (t-test) of one party with α = 0.05, namely1.44> -2.64, then Ho is rejected and Hα is accepted. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh media video berbasis slideshow Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Indonesia Zaman Pra-Aksara Di SMA Negeri 1 Cikeusal Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Pengambilan data sempel dilaksanakan pada bulan Agustus- September 2020. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari pretest dan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji-t. Bedasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran video slideshow dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran video slideshow. Hasil analisis data dapat dilihat dari uji satu pihak dengan α = 0,05 yaitu 1,44 > -2,64, maka Ho ditolak dan Hα diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video berbasis slideshow terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Indonesia zaman pra-aksara. Hasil analisis data dapat dilihat dari uji perbedaan rata-rata (uji-t) satu pihak dengan α = 0,05 yaitu 1,44 > -2,64, maka maka Ho ditolak dan Hα diterima.