eprintid: 45323 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 2348 dir: disk0/00/04/53/23 datestamp: 2025-02-14 06:00:01 lastmod: 2025-02-14 06:00:01 status_changed: 2025-02-14 06:00:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FITRIANI, FITRIANI creators_id: 2225200076 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: FATHURROHMAN, MAMAN contributors_name: SUDIANA, RIA contributors_id: 198209252006041001 contributors_id: 198101302008121001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN MATEMATIKA title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 CARINGIN T.P 2023/2024 ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 subjects: QA divisions: FKIP divisions: Matematika full_text_status: restricted keywords: Using Data, Learning Models, Flipped Classroom. Menggunakan Data, Model Pembelajaran, Flipped Classroom. note: Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Melalui pembelajaran matematika diharapkan siswa mampu berpikir logis, kritis dan kreatif, sehingga siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Untuk mencapai hasil belajar yang baik dibutuhkan model pembelajaran yang kreatif. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Menggunakan Data kelas VII di SMP Negeri 1 Caringin T.P 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen (eksperimen semu) berdesain pretest- postttes control group design. Hasil dari penelitian ini yaitu perolehan rata- rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 8.93 dan 54.43 termasuk dalam kriteria kurang baik, sementara itu pada kelas eksperimen perolehan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 8.60 dan 75.07 termasuk dalam kriteria baik. Hasil SPSS menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (kriteria baik) merupakan pengaruh dari penerapan model Flipped Classroom. abstract: Mathematics is a compulsory subject taught from elementary school to college. Through mathematics learning, students are expected to be able to think logically, critically and creatively, so that students have the ability to solve problems. To achieve learning outcomes, a creative learning model is needed. For this reason, the researcher conducted this study to determine whether there is an influence of the Flipped Classroom learning model on students' mathematics learning outcomes in the Using Data material for class VII at Junior High School 1 Caringin for the 2023/2024 academic year. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental approach with a pretest-posttest control group design. The results of this study are the average of pretest and posttest scores for the control class are 8.93 and 54.43, which are in the poor criteria, while in the experimental class the average of pretest and posttest scores are 8.60 and 75.07, which are in the good criteria. The SPSS results show that student learning outcomes in the experimental class (good criteria) are the effect of the application of the Flipped Classroom model. date: 2024 date_type: published pages: 221 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FITRIANI, FITRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 CARINGIN T.P 2023/2024. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/1/Fitriani_2225200076_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/2/Fitriani_2225200076_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/3/Fitriani_2225200076_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/4/Fitriani_2225200076_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/5/Fitriani_2225200076_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/6/Fitriani_2225200076_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/7/Fitriani_2225200076_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/8/Fitriani_2225200076_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45323/9/Fitriani_2225200076_Lamp.pdf