%0 Thesis %9 S1 %A FITRIANI, FITRIANI %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN MATEMATIKA, %B PENDIDIKAN MATEMATIKA %D 2024 %F eprintuntirta:45323 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Using Data, Learning Models, Flipped Classroom. Menggunakan Data, Model Pembelajaran, Flipped Classroom. %P 221 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 CARINGIN T.P 2023/2024 %U https://eprints.untirta.ac.id/45323/ %X Mathematics is a compulsory subject taught from elementary school to college. Through mathematics learning, students are expected to be able to think logically, critically and creatively, so that students have the ability to solve problems. To achieve learning outcomes, a creative learning model is needed. For this reason, the researcher conducted this study to determine whether there is an influence of the Flipped Classroom learning model on students' mathematics learning outcomes in the Using Data material for class VII at Junior High School 1 Caringin for the 2023/2024 academic year. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental approach with a pretest-posttest control group design. The results of this study are the average of pretest and posttest scores for the control class are 8.93 and 54.43, which are in the poor criteria, while in the experimental class the average of pretest and posttest scores are 8.60 and 75.07, which are in the good criteria. The SPSS results show that student learning outcomes in the experimental class (good criteria) are the effect of the application of the Flipped Classroom model. %Z Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Melalui pembelajaran matematika diharapkan siswa mampu berpikir logis, kritis dan kreatif, sehingga siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Untuk mencapai hasil belajar yang baik dibutuhkan model pembelajaran yang kreatif. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Menggunakan Data kelas VII di SMP Negeri 1 Caringin T.P 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen (eksperimen semu) berdesain pretest- postttes control group design. Hasil dari penelitian ini yaitu perolehan rata- rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 8.93 dan 54.43 termasuk dalam kriteria kurang baik, sementara itu pada kelas eksperimen perolehan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 8.60 dan 75.07 termasuk dalam kriteria baik. Hasil SPSS menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (kriteria baik) merupakan pengaruh dari penerapan model Flipped Classroom.