eprintid: 45308 rev_number: 71 eprint_status: archive userid: 10491 dir: disk0/00/04/53/08 datestamp: 2025-02-14 02:32:49 lastmod: 2025-02-14 02:32:49 status_changed: 2025-02-14 02:32:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIZAH, NOVITA creators_id: 2287200030 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: MULIA, DEDI contributors_name: YUDHA PRATAMA, TONI contributors_id: 197910172024211001 contributors_id: 0014118702 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN KHUSUS title: PENERAPAN PERMAINAN COLORFUL TREASURE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP WARNA PADA ANAK AUTIS KELAS III SDKH DI SKh SAMANTHA ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB divisions: FKIP divisions: Khusus full_text_status: restricted keywords: Colorful Treasure game, color concept understanding, autistic children. Permainan Colorful Treasure, pemahaman konsep warna, anak autis. note: Media permainan Colorful Treasure merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu anak autis belajar mengenal konsep warna terutama warna primer (dasar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan Colorful Treasure dalam meningkatkan pemahaman konsep warna pada anak autis kelas III SDKh di SKh Samantha. Siswa autis kelas III SDKh sebagai subjek penelitian dengan jumlah keseluruhan 3 orang. Anak autis cenderung aktif dan kesulitan fokus saat melaksanakan pembelajaran, sehingga anak membutuhkan kegiatan yang intreraktif dan menyenangkan di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-eksperimental One-Group Pretest Posttest Desain dengan proses pengumpulan data melalui tes. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan uji Wilcoxon untuk penerapan permainan Colorful Treasure dalam meningkatkan pemahaman konsep warna pada anak autis didapatkan bahwa Thitung = 0 dan digunakan taraf kepentingan 0,05 dengan sampel N = 3, maka diperoleh Ttabel = 2,35, dengan demikian Thitung < Ttabel yaitu 0 < 2,35, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan permainan Colorful Treasure secara signifikan memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep warna pada anak autis kelas III di SKh Samantha. abstract: Colorful Treasure is one of the learning media used to help autistic children learn to recognize the concept of color, especially primary (basic) colors. The purpose of this research is to determine the influence of Colorful Treasure game in increasing understanding of color concepts in autistic children in class III SDKh at SKh Samantha. Autistic students in class III SDKh were the research subjects with a total of 3 people. Autistic children tend to be active and have difficulty focusing during learning activities, so children need interactive and fun activities in the classroom. The method used in this research is pre-experimental one-group pretest posttest design with the process of collecting data through tests. The data obtained was then processed using the Wilcoxon test. Based on the results of calculations carried out using the Wilcoxon test for the application Colorful Treasure game in increasing understanding of color concepts in autistic children, it was found that Tcount = 0 and used a significance level of 0.05 with a sample of N = 3, then obtained Ttable = 2.35, thus Tcount < Ttable namely 0 < 2.35, then Ho is rejected. This shows that the application of the game Colorful Treasure has a significant influence in increasing understanding of color concepts in class III autistic children at SKh Samantha. date: 2024 date_type: published pages: 139 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AZIZAH, NOVITA (2024) PENERAPAN PERMAINAN COLORFUL TREASURE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP WARNA PADA ANAK AUTIS KELAS III SDKH DI SKh SAMANTHA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/10/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/2/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/11/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/4/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/5/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/6/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/7/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/8/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45308/9/NOVITA%20AZIZAH_2287200030_LAMP.pdf