eprintid: 45282 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 9826 dir: disk0/00/04/52/82 datestamp: 2025-02-14 01:44:17 lastmod: 2025-02-14 01:44:17 status_changed: 2025-02-14 01:44:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 5551200039@untirta.ac.id creators_name: Fani Anggraeni Supandi, Fatiha creators_id: 5551200039 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ichwanudin, Wawan contributors_name: Rosyid, Abdul contributors_id: 197510232005011003 contributors_id: 197408042003121001 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Manajemen title: PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI HUBUNGAN CSR DISCLOSURE DENGAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks SRI – KEHATI Periode 2019 -2023) ispublished: pub subjects: SJ divisions: Managemen divisions: FEB full_text_status: restricted keywords: CSR Disclosure, Firm Value, Profitability, SRI -KEHATI Index CSR Disclosure, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Indeks SRI - KEHATI note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperjelas pengaruh dari pengungkapan CSR yang diwakilkan dengan variabel CSR Disclosure Index (X) terhadap Nilai Perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (Y) melalui Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (Z) sebagai variabel moderasi pada Perusahaan yang terdaftar pada Indeks SRI - KEHATI Periode 2019 – 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI - KEHATI periode 2019 – 2023. Sampel penelitian ini berjumlah 11 perusahaan dari 40 jumlah populasi dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Conceptual Model of Simple Moderation dengan bantuan software SPSS ver 25 dengan add on PROCESS by M. Hayes. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) CSR Disclosure berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Profitabilitas mampu memoderasi hubungan pengaruh CSR Disclosure terhadap Nilai Perusahaan. abstract: This research aims to determine the effect of CSR Disclosure which is proxied by the CSR Disclosure Index (X) on Firm Value which is proxied by Price to Book Value (Y) through Profitability which is proxied by Return on Equity (Z) as a moderating variable in Companies listed on the Index SRI - KEHATI Period 2019 – 2023. The population used in this research is 40 companies listed on the SRI - KEHATI Index for the period 2019 – 2023. The sample for this research is 11 companies from a total population of 40 using the purposive sampling method. The data analysis technique used in this research is the Conceptual Model of a Simple Moderation method with the help of SPSS ver 25 software with the add-on PROCESS by M. Hayes. The results of this research show that: (1) CSR Disclosure has a negative and not significant effect on Firm Value, (2) Profitability is able to moderate the relationship between the influence of CSR Disclosure on Firm Value. date: 2024 date_type: published pages: 99 institution: UNTIRTA department: Manajemen thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Afifah, N., Astuti, S. W. W., & Irawan, D. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 346–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4644 Ardimas, W., & Wardoyo. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public Yang Terdaftar Di BEI. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis , 18(1), 57–66. https://doi.org/10.23917/benefit.v18i1.1386 Ayu, D. P., & Suarjaya, G. A. A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6 No.2, 1112–1138. http://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/index Barnea, A., & Rubin, A. (2010). Corporate Social Responsibility as a Conflict Between Shareholders. Journal of Business Ethics, 97, 71–86. Bawafi, M. H., & Prasetyo, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 721–730. https://doi.org/10.22219/jrak.v5i1.4993 Bing, T., & Li, M. (2019). Does CSR Signal the Firm Value? Evidence from China. Sustainability, 11 (15), 4255. Bryan, & Haryadi, E. (2018). Analisis Pengaruh Variabel Moderasi Switching Costs Terhadap Hubungan Service Performance Dan Customer Loyalty Member Celebrity Fitness Jakarta. Jurnal Manajemen, 15 (1), 52–71. Budiharjo, R. (2019). Effect of Environmental Performance and Financial Performance on Firm Value. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 9(2), 65–73. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS/v9-i2/6030) Chen, R. C. Y., & Lee, C.-H. (2017). The influence of CSR on firm value: an application of panel smooth transition regression on Taiwan. Applied Economics, 49(34), 3422–3434. https://doi.org/10.1080/00036846.2016.1262516 Chung, C. Y., Jung, S., & Young, J. (2018). Do CSR Activities Increase Firm Value? Evidence from the Korean Market. Sustainability, 10(9), 3164. https://doi.org/10.3390/su10093164 Cong, Y., & Freedman, M. (2011). Corporate governance and environmental performance and disclosures. Advances in Accounting, 27(2), 223–232. https://doi.org/10.1016/j.adiac.2011.05.005 Dianawati, C. P., & Fuadati, S. R. (2016). Pengaruh CSR Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–20. Diandra, P. K. (2023). GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(2), 330–338. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i2.656 Effendi. (2016). The Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi (2nd ed.). Salemba Empat. Erlangga, C. M., Fauzi, A., & Sumiati, A. (2021). Penerapan Green Accounting dan Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 14(1). https://doi.org/10.15408/akt.v14i1.20749 Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah, -. (2016). PENGARUH GCG DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. InFestasi, 12(1), 1. https://doi.org/10.21107/infestasi.v12i1.1797 Gangi, F., Meles, A., D’Angelo, E., & Daniele, L. M. (2019). Sustainable development and corporate governance in the financial system: are environmentally friendly banks less risky? Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 26, 529–547. https://doi.org/10.1002/csr.1699 Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (Vol. 105). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hayes, A. F. (2013). Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis: A Regression-Based Approach. NY: Guilford Press. Husnan Suad, & Enny Pudjiastuti. (2013). Dasar – dasar manajemen keuangan (5th ed., Vol. 1). UPP STIM YKPN. Indarti, R., Nelyumna, & Eka Sudarmaji. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INTELLECTUAL CAPITAL DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Pancasila (JIAP), 1(2), 133–148. https://doi.org/10.35814/jiap.v1i2.2574 Jahid, M. A., Rashid, M. H. U., Masud, M. A. K., & Yaya, R. (2022). A longitudinal study of corporate social responsibility expenditure and ownership structure of financial firms. Banks Bank Syst, 17(1), 24–37. http://dx.doi.org/10.21511/bbs.17(1).2022.03 Liao, L., Luo, L., & Tang, Q. (2015). Gender diversity, board independence, environmental committee and greenhouse gas disclosure. The British Accounting Review, 47(4), 409–424. https://doi.org/10.1016/j.bar.2014.01.002 Mawaddah, T., & Nurwulandari, A. (2019). Pengaruh Indeks KLCI, STI, SET dan PSEI (Intergasi AFTA) Terhadap IHSG. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2). Menichini, T., & Rosati, F. (2014). The Strategic Impact of CSR Consumer company Alignment. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Michelon, G., Pilonato, S., & Ricceri, F. (2015). CSR reporting practices and the quality of disclosure: An empirical analysis. Critical Perspectives on Accounting. Mohamad, N. E. A. B., & Saad, N. B. M. (2010). Working capital management: The effect of market valuation and profitability in Malaysia. International Journal of Business and Management, 5(11), 140. Mufidah, N., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. EL DINAR: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 6 (1). Murnita, P. E. M., & Putra, I. M. P. D. (2018). The Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value with Profitability and Leverage as Moderating Variables. E-Journal of Accounting, 23(2), 1470–1494. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p25 Noer, M. , S. N., & Nurwulandari, A. (2017). Business Model Analysis of Natural Production Forest with Sustainable Forest Management Approach. Geografia-Malaysian Journal of Society and Space, 13(1). Nuryana, I., & Bhebhe, E. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. AFRE (Accounting and Financial Review), 2(2), 142–146. https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3261 Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1). Putra, C. G. B., Rasmini, N. K., & Astika, I. B. P. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Price To Book Value Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 2 (5), 339–353. PwC Indonesia. (2023, September 5). Tren dan Arah Sustainability Report Indonesia di Masa Mendatang. https://pwc.to/3sMdciV Rady Darmastika, I. W., & Ratnadi, N. M. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 27 (2), 362. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i01.p14 Rasyid, A. (2015). Effects of Ownership Structure, Capital Structure, Profitability and Company’s Growth Towards Firm Value. International Journal of Business and Management Invention, 4(4), 25–31. https://www.ijbmi.org/papers/Vol(4)4/E044025031.pdf Riyadh, H. A., Al-shmam, M. A., Huang, H. H., & Gunawan, B. (2020). ). The Analysis of Green Accounting Cost Impact on Corporations Financial Performance. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(6), 421–426. https://doi.org/10.32479/ijeep.9238. Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 723–738. https://ojs.unud.ac.id/index.php/%20Akuntansi/article/view/7666 Sampong, F. (2018). Disclosure of CSR performance and firm value: New evidence from South Africa on the basis of the GRI guidelines for sustainability disclosure. Sustainability 10.12, 4518. https://doi.org/10.3390/su10124518 Setiawati, E., Zulfikar, & Artha, Riza. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap CSR (Survey pada Industri Perbankan di Indonesia). Proceeding Seminar Nasional Dan Call For Papers Sancall . Sheehy, B. (2015). Defining CSR: Problems and Solutions. Journal of Business Ethics, 131(3), 625–648. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2281-x Suhartini, D., & Megasyara, I. (2019). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016. EQUITY, 21(2), 129–140. https://doi.org/10.34209/equ.v21i2.639 Sunaryo, I., Widarno, B., & Suharno. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14, 211–221. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/issue/view/286 Tarjo, T., Anggono, A., Yuliana, R., Prasetyono, P., Syarif, M., Wildan, M. A., & Kusuf, M. S. (2022). Corporate social responsibility, financial fraud, and firm’s value in Indonesia and Malaysia. Heliyon 8. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11907 Utomo, Agus. S. (2019). Pengaruh CSR, ROI, ROE terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 4 (1), 82–94. https://doi.org/10.51289/PETA.V4I1.377 Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1 (1), 109–117. Wei, Z., Shen, H., Zhou, K. Z., & Li, J. J. (2017). How Does Environmental Corporate Social Responsibility Matter in a Dysfunctional Institutional Environment? Evidence from China. Journal of Business Ethics, 140(2), 209–223. https://doi.org/10.1007/s10551-015-2704-3 Widyasari, N. A., Suhadak, & Husaini, A. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1). Wijaya Bayu, & Panji Sedana. (2015). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan (kebijakan deviden dan kesempatan investasi sebagai variabel moderating). E-Journal Manajemen UNUD, 4 (12), 4477–4500. Zuhriah, M., & Maharani, N. K. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2). https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.934 citation: Fani Anggraeni Supandi, Fatiha (2024) PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI HUBUNGAN CSR DISCLOSURE DENGAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks SRI – KEHATI Periode 2019 -2023). S1 thesis, UNTIRTA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/1/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%20FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/2/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%2001.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/3/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%2002.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/4/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%2003.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/5/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%2004.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/6/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%2005.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/7/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%20REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45282/8/FATIHA%20FANI%20ANGGRAENI%20SUPANDI%20_%205551200039%20_%20LAMP.pdf