eprintid: 45229 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 19210 dir: disk0/00/04/52/29 datestamp: 2025-01-08 14:02:31 lastmod: 2025-01-08 14:02:31 status_changed: 2025-01-08 14:02:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 3331200051@untirta.ac.id creators_name: MUHAMMAD, HAFIDH creators_id: 3331200051 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dwinanto, Dwinanto contributors_name: Dhimas, Satria contributors_id: 198301122008121001 contributors_id: 198305102012121006 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS TEKNIK corp_creators: JURUSAN TEKNIK MESIN title: ANALISIS STRUKTUR MATERIAL SHAFT MOTOR LISTRIK UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS ispublished: pub subjects: TJ subjects: TS divisions: Mesin full_text_status: restricted abstract: Salah satu komponen penting dari motor listrik adalah poros, yang mentransfer daya yang dihasilkan oleh motor ke baling-baling atau rotor. UAV memiliki batasan berat yang ketat karena hal tersebut dapat memengaruhi kestabilan saat terbang dan bobot dari drone itu sendiri. Oleh karena itu, desain poros harus mempertimbangkan bahan yang ringan namun cukup kuat untuk menahan beban rotasi dari motor listrik itu sendiri. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis elemen hingga dengan menggunakan software ansys workbench. Tujuan dari penelitian ini ialah Mengetahui karakteristik dan performa material terhadap deformasi, tegangan von mises, dan frekuensi natural pada poros motor listrik UAV dengan variasi lima material yang berbeda. Pengujian dilakukan dengan melakukan simulasi pada beberapa material shaft dengan menggunakan software ansys workbench dengan mode static structural dan modal pada setiap material shaft yang diuji. Material yang digunakan adalah 304 Stainless Steel (UNS S30400), AISI 316, JIS S45C Steel, Aluminium 6061-T8, dan UNS C26000 (260 Brass). Dari penelitian yang sudah dilakukan maka didapati hasil karakteristik poros dengan material yang berbeda. Berdasarkan hasil deformasi maksmimum yang didapat, UNS C26000 Brass memiliki nilai deformasi maksimal paling kecil diantara material lainnya dengan nilai yang didapat yaitu sebesar 1,131 × 10−7 m. Nilai maksimum tegangan von mises paling kecil dimiliki oleh poros dengan material Cartridge Brass, UNS C26000 (260 Brass) dengan nilai sebesar 12,604 MPa dan kekuatan luluh dari material tersebut yaitu sebesar 276 MPa yang membuktikan bahwa deformasi yang terjadi masih berupa deformasi elastis. Berdasarkan hasil frekuensi natural yang didapat dari simulasi, poros dengan material S45C memiliki nilai natural frekuensi paling tinggi dibandingkan material lainnya yang berarti bahwa material S45C dapat lebih stabil dan lebih tahan terhadap resonansi. date: 2024-11-25 date_type: published pages: 110 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Jurusan Teknik Mesin thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Allison, C. (2020). Meshing in FEA: Introduction to meshing. Onscale. https://onscale.com/meshing-in-fea-introduction-to-meshing/ Baad, S. M. (2016). Estimation of natural frequency of motorcycle handlebar. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 3(7), 807–811. https://www.irjet.net/archives/V3/i7/IRJET-V3I7152.pdf Bagia, I. N., & Parsa, I. M. (2018). MOTOR-MOTOR LISTRIK. Bringas, J. E. (2002). Handbook of Comparative World Steel Standards. In Handbook of Comparative World Steel Standards. https://doi.org/10.1520/ds67c-eb CAT. (2024). 344-1033: POROS-GANDAR. Cat Parts. https://parts.cat.com/in/catcorp/344-1033 Chandra, H., & Andri, M. (2016). Prosiding Seminar Nasional Avoer 8 Analisis Tegangan Shaft Drive Pulley Pada Belt Conveyor Di Pt. Bukit Asam (Persero) Tbk. Tanjung Enim. 400–408. Chandra, H., Pratama Putra, D., Studi Magister, P., Teknik Mesin, J., Sriwijaya, U., Negeri Sriwijaya Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, P., & Selatan, S. (2021). Investigasi Tegangan Pada Poros Bertingkat Menggunakan Metode Elemen Hingga Berbasis Computer Aided Engineering. Jurnal Austenit, 13(1), 23–27. http://doi.org/10.5281/zenodo.4747728 Dumyati, I., & Nurhaji, S. (2023). Modeling dan Simulasi Finite Element Analysis pada Segitiga T Sepeda Motor Menggunakan Sofware Ansys 2023. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 5(1), 26–30. https://doi.org/10.18196/jqt.v5i1.19012 Ekawita, R., Widiatmoko, E., & Nawir, H. (2012). Pengukuran Deformasi Material Karet Menggunakan Metoda Image Processing. Prosiding Seminar Nasional Material 2012, 106–109. Firdaus, M. R. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN 3 MATERIAL SHAFT DRIVER HAMMER MILL TEPUNG BERAS DENGAN KECEPATAN 1465 rpm MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE “AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2015.” Mechonversio: Mechanical Engineering Journal, 2(2), 11. https://doi.org/10.51804/mmej.v2i2.899 G Karmankar, R. (2017). Analysis of Von- Mises-Stress for Interference Fit and Pullout States By Using Finite Element Method. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 4(11). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26447.79520 Ghaisani, D. N., Ulfiana, A., & Abadi, C. S. (2020). Analisis Natural Frequency Poros Boiler Feed Pump Turbine dengan Finite Element Analysis. Jurnal Mekanik Terapan, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.32722/jmt.v1i1.3328 Hotma, L., Majid, N. C., Marsalyna, Nugroho, F. S., Mubarak, A. R., & Marpaung, F. (2023). Optimization and Design Analysis of 2-kW induction motor shaft by using Finite Element Analysis. Jurnal Polimesin, 21(August), 445–450. https://doi.org/10.30811/jpl.v21i4.3962 Jatmoko, awali; A. (2014). Analisa Kegagalan Poros Dengan Pendekatan Metode Elemen Hingga. Turbo, 2(2), 1–6. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/31 Jaya, T. (2021). Macam Macam Poros dan Jenis yang Wajib Diketahui. CV.Teknik Jaya Component. https://teknikjaya.co.id/macam-macam-poros/ Mananoma, F., Sutrisno, A., & Tangkuman, S. (2018). Perancangan Poros Transmisi Dengan Daya 100 HP. Jurnal Online Poros Teknik Mesin, 6(1), 1–9. Patil, H., & Jeyakarthikeyan, P. V. (2018). Mesh convergence study and estimation of discretization error of hub in clutch disc with integration of ANSYS. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 402(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/402/1/012065 Pramono, G. E., Hidayat, A., & Waluyo, R. (2020). Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 5(2), 319. https://doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326 Priyambodo, T. K., Dharmawan, A., Dhewa, O. A., & Putro, N. A. S. (2016). Optimizing control based on fine tune PID using ant colony logic for vertical moving control of UAV system. AIP Conference Proceedings, 1755. https://doi.org/10.1063/1.4958613 Purnomo, E. D., Aziz, A., Mandasari, D. R., Amelia, L., Krisnowo, A., & Nandar, C. S. A. (2022). Analysis of BLDC Electric Motor Shaft Treatment Model Using Numerical Method. Journal of Industrial Research and Innovation, 16(April), 30–35. https://doi.org/10.29122/mipi.v16i1.5263 Sani, A. (2021). Komponen Utama Transmisi Manual (4K). Infootota. https://www.infootota.com/2022/10/komponen-utama-transmisi-manual�4k.html Saroinsong, H. S., Poekoel, V. C., & Manembu, P. D. . (2018). Rancang bangun wahana pesawat tanpa awak (Fixed Wing) berbasis Ardupilot. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 7(1), 73–84. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/download/19195/18753 Srikanth, S., Bodapalli, J., & Gudimetla, A. (2013). Design , Static and Modal Analysis of A Propeller Shaft for Reducing Vibrations Using Composite Damping. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 3(10), 98–108. Sriyanto, S., Arif Pratama, R., Permana, I., Ikhsan, M., & Bayu Setiajit, S. (2022). Analisis Peningkatan Daya Motor Listrik Terhadap Penggunaan Ukuran Propeller Pada Kecepatan Motor Dc Brushless. Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.56521/teknika.v8i1.588 Wunda, S., Johannes, A. Z., Pingak, R. K., & Ahab, A. S. (2019). Analisis Tegangan , Regangan Dan Deformasi Crane Hook Dari Material Baja Aisi 1045 Dan Baja St 37 Menggunakan Software Elmer. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 131–137. citation: MUHAMMAD, HAFIDH (2024) ANALISIS STRUKTUR MATERIAL SHAFT MOTOR LISTRIK UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/1/Muhammad%20Hafidh_3331200051_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/2/Muhammad%20Hafidh_3331200051_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/3/Muhammad%20Hafidh_3331200051_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/4/Muhammad%20Hafidh_3331200051_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/5/Muhammad%20Hafidh_3331200051_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/6/Muhammad%20Hafidh_3331200051_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/7/Muhammad%20Hafidh_3331200051_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/8/Muhammad%20Hafidh_3331200051_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45229/9/Muhammad%20Hafidh_3331200051_CP.pdf