@phdthesis{eprintuntirta45208, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPI TAWA (TANYA JAWAB) BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN PANUNGGULAN 2}, school = {Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran topi tawa (tanya jawab) pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas V Sekolah Dasar, untuk mengetahui kelayakan media topi tawa dan untuk mengetahui respon peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media topi tawa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan menggunakan desain model (4D) yang meliputi 4 tahap Define ? Design ? Development ? Desiminate yang dikembangkan oleh Triagarajan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara untuk analisis kebutuhan, studi dokumentasi, dan angket validasi kelayakan produk untuk tim ahli media dan ahli materi, serta angket respon peserta didik kelas V SD. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Panunggulan 2 yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil uji validasi produk, dari ahli media memperoleh rerata keseluruhan skor prsentase sebesar 86\% dengan kriteria sangat valid (sangat layak), validasi ahli materi memperoleh rerata keseluruhan skor presentase sebesar 89\% dengan kriteria sangat valid (sangat layak). Maka keseluruhan presentase kelayakan produk mencapai 88\% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan peneliti, maka didapatkan kesimpulan bahwa media topi tawa (tanya jawab) pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi BAB 2 (Harmoni dalam Ekosistem) Topik A.1 Rantai Makanan di kelas V SD (layak) dan sangat baik digunakan pada kegiatan pembelajaran.}, author = {Sindy Wulandari}, year = {2024}, abstract = {This research aims to develop a laughing hat learning media (question and answer) in the fifth grade science (Natural Science) subject at Elementary School, to determine the feasibility of the laughing hat media and to find out students' responses after carrying out the learning process using the laughing hat media. This research uses the Research and Development (R\&D) method using a design model (4D) which includes 4 stages Define?Design?Develop?Desiminate developed by Triagarajan. Data collection techniques in this research used interviews for needs analysis, documentation studies, and product feasibility validation questionnaires for teams of media experts and material experts, as well as response questionnaires for fifth grade elementary school students. The subjects in this research were class V students at SDN Panunggulan 2, totaling 23 students. The results of the product validation test, from media experts obtained an overall average presentation score of 86\% with very valid (very feasible) criteria, material expert validation obtained an overall average percentage score of 89\% with very valid (very feasible) criteria. So the overall product feasibility presentation reached 88\% with very good criteria. Based on the results of research and development carried out by researchers, it was concluded that the laughing hat media (question and answer) in the science subject (Natural Science) material CHAPTER 2 (Harmony in Ecosystems) Topic A.1 Food Chain in class V elementary school (feasible) and is very good for use in learning activities.}, keywords = {Learning Media, Laughter Hat, Natural Sciences. Media Pembelajaran, Topi Tawa, Ilmu Pengetahuan Alam.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/45208/} }