eprintid: 45198 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 19103 dir: disk0/00/04/51/98 datestamp: 2025-01-07 09:11:12 lastmod: 2025-01-07 09:11:12 status_changed: 2025-01-07 09:11:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: OKTAFIA, SYIFA creators_id: 2227190041 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: HIDAYAT, SHOLEH contributors_name: ADYA PRIBADI, REKSA contributors_id: 195805091984031003 contributors_id: 198703132024211020 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PGSD title: PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS LIMBAH SEKOLAH ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1501 divisions: PGSD divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Teacher Role, Creativity, Project Learning Peran Guru, Kreativitas, Pembelajaran Proyek note: Peneliitian ini didasarkan pada keresahan masyarakat mengenai masalah sampah/limbah yang terus meningkat. Upaya yang dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sampah/limbah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam bidang pendidikan, sekolah dapat memanfaatkan dalam kegiatan belajar, dalam hal ini guru menjadi peran utana. Peran guru tersebut seperti, demonstrator, komunikator, organisator, motivator, inspirator, evaluator, dan edukator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis limbah sekolah, untuk mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah, dan untuk menggambarkan kreativitas peserta didik di kelas IV dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada SDN Serang 02 di kelas IV, dengan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru di SDN Serang 02 sudah terlihat dalam memilih dan menyusun serta membuat perangkat pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik, peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah berjalan dengan baik, serta hasil kreativitas di kelas IV peserta didik sudah dapat menuangkan ide-ide kreatifnya yang diukur berdasarkan ciri dari kreatif seperti fluency, flexibility, elaboration, dan originality. abstract: This study is based on public concern about the increasing problem of waste/garbage. Efforts that can be made by utilizing the waste/garbage in everyday life. For example in the field of education, schools can utilize it in learning activities, in this case the teacher becomes the main role. The role of the teacher is like, demonstrator, communicator, organizer, motivator, inspirator, evaluator, and educator. The purpose of this study is to describe learning planning using a school waste-based learning model, to describe the role of teachers in school waste-based project learning activities, and to describe the creativity of students in grade IV in learning using a school waste-based project learning model. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The study was conducted at SDN Serang 02 in grade IV, through interview, observation, and documentation techniques. The results of this study can be concluded that teachers at SDN Serang 02 have been seen in selecting, compiling and creating learning devices by adjusting the characteristics of students, the role of teachers in implementing school waste-based project learning is running well, and the results of creativity in grade IV students have been able to express their creative ideas which are measured based on the characteristics of creativity such as fluency, flexibility, elaboration, and originality. date: 2024 date_type: published pages: 201 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: OKTAFIA, SYIFA (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS LIMBAH SEKOLAH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/1/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/2/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/4/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/5/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/6/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/7/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/8/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/9/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/10/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45198/11/SYIFA%20OKTAFIA_2227190041_01_.pdf