eprintid: 45192 rev_number: 46 eprint_status: archive userid: 6368 dir: disk0/00/04/51/92 datestamp: 2025-02-01 11:15:52 lastmod: 2025-02-01 11:15:52 status_changed: 2025-02-01 11:15:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2225200109@untirta.ac.id creators_name: Yulvianti, Dini creators_id: 2225200109 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Novaliyosi, Novaliyosi contributors_name: Mutaqin, Anwar contributors_id: 198009242006042002 contributors_id: 197608102003121001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA title: PENGEMBANGAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 subjects: QA divisions: FKIP divisions: Matematika full_text_status: restricted keywords: E-Comic, Numeracy, Statistics E-Comic, Numerasi, Statistika note: Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kemampuan numerasi siswa yang rendah sering disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik. Teknologi dipilih sebagai solusi inovasi, dengan menggunakan e-comic sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-comic yang memenuhi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Metode penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli pendidikan, ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan e-comic, angket respon pendidik dan siswa untuk mengetahui kepraktisan e-comic, dan instrumen tes kemampuan numerasi untuk mengetahui keefektifan e-comic. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh validator diperoleh hasil validasi ahli pendidikan sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 91,3% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli media sebesar 85,3% dengan kriteria sangat layak. Adapun hasil angket respon guru sebesar 90,6% dikategorikan sangat praktis dan respon siswa sebesar 89,47% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan berdasarkan tes kemampuan numerasi pretest dan posttest dengan menggunakan n-gain score diperoleh sebesar 0,8263 dengan kriteria tinggi dan persentase sebesar 82,63% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-comic untuk meningkatkan kemampuan numerasi dinyatakan layak, praktis, dan efektif. abstract: This development research is motivated by the low numeracy skills of students often caused by the lack of interesting learning media. Technology was chosen as an innovation solution, using e-comic as a learning media that is expected to improve students' numeracy skills. The purpose of this research is to produce e-comic that meets the feasibility, practicality, and effectiveness to improve numeracy skills. The research method used was Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this study amounted to 24 students of class VIII SMPN 7 Serang City. The instruments in this study used a validation questionnaire for education experts, material experts and media experts to determine the feasibility of e-comic, a questionnaire for educator and student responses to determine the practicality of e-comic, and a numeracy test instrument to determine effectiveness of e-comic. Based on the assessment conducted by the validators, the results of the validation of education experts were 90.6% with very feasible criteria, the validation of material experts was 91.3% with very feasible criteria and the validation of media experts was 85.3% with very feasible criteria. The results of the teacher response questionnaire of 90.6% were categorized as very practical and the student response of 89.47% with very practical criteria. The results of the effectiveness test based on the pretest and posttest numeracy tests using the n-gain score were obtained. date: 2025 date_type: published pages: 212 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Yulvianti, Dini (2025) PENGEMBANGAN E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/1/Dini%20Yulvianti_2225200109_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/2/Dini%20Yulvianti_2225200109_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/3/Dini%20Yulvianti_2225200109_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/4/Dini%20Yulvianti_2225200109_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/5/Dini%20Yulvianti_2225200109_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/6/Dini%20Yulvianti_2225200109_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/7/Dini%20Yulvianti_2225200109_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/8/Dini%20Yulvianti_2225200109_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45192/9/Dini%20Yulvianti_2225200109_CP.pdf