eprintid: 45041 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 8747 dir: disk0/00/04/50/41 datestamp: 2025-01-08 15:21:41 lastmod: 2025-01-08 15:21:41 status_changed: 2025-01-08 15:21:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURAMALIA, HANIFAH creators_id: 2281200030 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: VITASARI, MUDMAINAH contributors_name: PAMUNGKAS ALAMSYAH, TRIAN contributors_id: 198908122022032003 contributors_id: 201602012103 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN IPA title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: FKIP divisions: IPA full_text_status: restricted keywords: learning media, quartet cards, interest in learning, solar system media pembelajaran, kartu kuartet, minat belajar, tata surya note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan respon siswa terhadap Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Materi Tata Surya Untuk Membangun Minat Belajar Siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D, dibatasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peneliti yaitu dengan menggunakan tiga tahapan yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan yang diperoleh secara keseluruhan dari para ahli materi, media, dan praktisi mendapatkan hasil rata-rata sebesar 85,84% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 84,86% dengan kategori “sangat valid”. Hal ini membuktikan bahwa Media kartu kuartet ini efektif sebagai alat pendukung pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi tata surya dan dapat dilanjutkan pada tahapan selajutnya. abstract: This research aims to determine the level of validity and student response to the Quartet Card Learning Media on Solar System Material to Build Student Interest in Learning. The research method uses the Research and Development (RnD) method with a 4-D model, limited according to the researcher's abilities and needs, namely by using three stages, namely: definition, design and development. The results of this research show that the overall level of validity obtained from material experts, media and practitioners obtained an average result of 85.84% in the "very valid" category. Meanwhile, the results of student responses obtained a percentage of 84.86% in the "very valid" category. This proves that the quartet card media is effective as a learning support tool in increasing students' interest in learning about the solar system material and can be continued at the next stage. date: 2024 date_type: published pages: 225 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN IPA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NURAMALIA, HANIFAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/1/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/2/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/3/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_01...pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/4/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/5/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/6/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/7/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/8/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45041/9/Hanifah%20Nuramalia_2281200030_LAMP.pdf