%0 Thesis %9 S1 %A NURAMALIA, HANIFAH %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN IPA, %B PENDIDIKAN IPA %D 2024 %F eprintuntirta:45041 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K learning media, quartet cards, interest in learning, solar system media pembelajaran, kartu kuartet, minat belajar, tata surya %P 225 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII %U https://eprints.untirta.ac.id/45041/ %X This research aims to determine the level of validity and student response to the Quartet Card Learning Media on Solar System Material to Build Student Interest in Learning. The research method uses the Research and Development (RnD) method with a 4-D model, limited according to the researcher's abilities and needs, namely by using three stages, namely: definition, design and development. The results of this research show that the overall level of validity obtained from material experts, media and practitioners obtained an average result of 85.84% in the "very valid" category. Meanwhile, the results of student responses obtained a percentage of 84.86% in the "very valid" category. This proves that the quartet card media is effective as a learning support tool in increasing students' interest in learning about the solar system material and can be continued at the next stage. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan respon siswa terhadap Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Materi Tata Surya Untuk Membangun Minat Belajar Siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D, dibatasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peneliti yaitu dengan menggunakan tiga tahapan yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan yang diperoleh secara keseluruhan dari para ahli materi, media, dan praktisi mendapatkan hasil rata-rata sebesar 85,84% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 84,86% dengan kategori “sangat valid”. Hal ini membuktikan bahwa Media kartu kuartet ini efektif sebagai alat pendukung pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi tata surya dan dapat dilanjutkan pada tahapan selajutnya.