eprintid: 45037 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 14850 dir: disk0/00/04/50/37 datestamp: 2024-12-31 15:50:21 lastmod: 2024-12-31 15:50:21 status_changed: 2024-12-31 15:50:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: OKTAVIA NABILA, NINDY creators_id: 6662200107 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: DWIANNA, MIA contributors_name: SUSANTO, YOKI contributors_id: 197104222006042001 contributors_id: 197905032006041016 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: ILMU KOMUNIKASI title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL X TERHADAP PERILAKU LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI PEMILU 2024 (Survei pada Pengikut Autobase @collegemenfess) ispublished: pub subjects: communication-general divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Digital Literacy, Social Media, Media Dependency Theory Literasi Digital, Media Sosial, Teori Ketergantungan Media note: Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan menerapkan informasi dalam berbagai format dari berbagai sumber yang diakses melalui media digital. Peneliti melihat realitas sosial saat ini media sosial dijadikan sebagai sumber informasi khalayak dikarenakan aksesnya yang mudah dan cepat. Salah satu media sosial yang dijadikan sebagai sumber informasi adalah X. Pada periode Pemilu 2024, media sosial X dipenuhi oleh isu mengenai Pemilu dan topik tersebut menempati trending topic selama beberapa hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial X terhadap perilaku literasi digital mahasiswa dalam memperoleh informasi Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan media yang mengasumsikan bahwa pengaruh suatu media dapat dilihat dari adanya hubungan antara sistem media dan kondisi sosial dengan khalayak yang akan menimbulkan kebutuhan dan minat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik insidental, dimana peneliti menyebar kuesioner secara kebetulan kepada 100 responden yang merupakan pengikut autobase @collegemenfess. Hasil penelitian ini adalah adanya antara pengaruh antara variabel penggunaan media sosial X dengan perilaku literasi digital mahasiswa dalam memperoleh informasi Pemilu 2024 sebesar 0,632 yang menunjukkan hubungan antara variabel bernilai tinggi. Dengan hasil koefisien determinasi sebesar 40,8%, sementara sisanya 59,2% merupakan pengaruh dari faktor lain di luar penelitian ini. abstract: Digital literacy is the ability to understand and use information in various forms from a very wide range of sources accessed through digital media. Researchers see the current social reality that social media is used as a source of information for audiences because of its easy and fast access. One of the social media that is used as a source of information is X. In the 2024 Election period, X was filled with issues regarding the election and the topic occupied the trending topic for several days. This study aims to determine how much influence the use of social media X has on students' digital literacy behavior in obtaining information about the 2024 General Election. This research uses media dependency theory which assumes that the influence of a media can be seen from the relationship between the media system and social conditions with the audience which will generate needs and interests. The approach in this research is quantitative. The method used is a survey method using incidental techniques, where researchers distribute questionnaires by chance to 100 respondents who are followers of @collegemenfess autobase. The result of this study is that there is an influence between the variable use of social media X and the digital literacy behavior of students in obtaining information on the 2024 Election of 0.632 which indicates a high value relationship between variables. With the results of the coefficient of determination of 40,8%, while the remaining 59,2% is the influence of other factors outside this study. date: 2024 date_type: published pages: 130 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: OKTAVIA NABILA, NINDY (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL X TERHADAP PERILAKU LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI PEMILU 2024 (Survei pada Pengikut Autobase @collegemenfess). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/1/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/2/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/3/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/4/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/5/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/6/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/7/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/8/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/45037/9/NINDY%20OKTAVIA%20NABILA_6662200107_LAMP.pdf