TY - THES TI - PENGARUH E-COMMERCE , INSENTIF PAJAK , DAN REGULASI PERIJINAN USAHA TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN KOMPETENSI SDM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada UMKM Jabodetabek dan Banten) EP - 224 UR - https://eprints.untirta.ac.id/45036/ N1 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM, yaitu E-Commerce , Insentif Pajak dan Regulasi Perijinan Usaha yang dimediasi oleh kompetensi SDM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Populasi penelitian ini adalah UMKM yang ada di wilayah Jabodetabek dan Banten. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling / kriteria yang sudah ditentukan yaitu : Usaha Mikro Kecil (UMK) yang sudah mempunyai legalitas usaha, UMK yang masih aktif berproduksi, dan UMK yang sudah menggunakan sistem E-Commerce. Jumlah responden sebanyak 317, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan google form. Analisis data menggunakan Path Analyse dengan program WarpPLS Versi 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce dan Regulasi Perijinan Usaha tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja UMK, sedangkan Insentif Pajak mempunyai pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja UMK, kemudian kompetensi SDM mampu memediasi hubungan antara E-Commerce terhadap kinerja UMK, serta kompetensi SDM tidak mampu memediasi hubungan antara Insentif Pajak dan Perijinaan Usaha terhadap kinerja UMK. KW - E-Commerce KW - Tax Incentives KW - Business Licensing Regulations KW - HR Competence and MSME Performance. E-Commerce KW - Insentif Pajak KW - Regulasi Perijinan Usaha KW - Kompetensi SDM dan Kinerja UMKM. A1 - HESTINI, HESTINI AV - restricted M1 - masters N2 - This study aims to analyze the factors that influence the performance of SMEs, namely E-Commerce, Tax Incentives and Business Licensing Regulations which are mediated by HR competence. This study uses a quantitative approach with primary data. The population of this research is MSMEs in the Jabodetabek and Banten regions. Sampling using purposive sampling technique / predetermined criteria, namely: Small Micro Enterprises (UMK) which already have business legality, UMK which are still actively producing, and UMK which already use the E-Commerce system. The number of respondents was 317, the data collection method used was a questionnaire using the google form. Data analysis used Path Analysis with the WarpPLS Version 7.0 program. The results showed that ECommerce and Business Licensing Regulations did not have a direct effect on the performance of MSEs, while Tax Incentives had a direct and positive effect on the performance of MSEs, then HR competency was able to mediate the relationship between E-Commerce on MSE performance, as well as HR competence. unable to mediate the relationship between Tax Incentives and Business Licensing on the performance of MSEs. Y1 - 2023/// ID - eprintuntirta45036 PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ER -