TY - THES UR - https://eprints.untirta.ac.id/45001/ AV - restricted Y1 - 2024/// TI - STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) N1 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis stres akademik yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Stres akademik diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk tuntutan akademik yang tinggi, tekanan waktu, dan keterbatasan sumber daya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential explanatory, yang dimulai dengan pengumpulan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dan dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat akhir mengalami stres akademik dengan berbagai gejala fisik, emosional, dan kognitif. Faktor-faktor penyebab utama stres meliputi ketidakmampuan mengelola waktu, ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri, dan ketidakpastian dalam proses bimbingan skripsi. Penelitian ini juga mengidentifikasi strategi koping yang digunakan mahasiswa, seperti manajemen waktu dan dukungan sosial. Temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang stres akademik dan membantu dalam merancang strategi pengelolaan stres yang lebih efektif untuk mahasiswa tingkat akhir. KW - Academic stress KW - Final year students KW - Thesis writing Stres akademik KW - Mahasiswa Tingkat Akhir KW - Penyusunan Skripsi PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA A1 - TANJUNGSARI, DENFIET EP - 151 N2 - This study aims to identify and analyze the academic stress experienced by final-year students in completing their thesis at Sultan Ageng Tirtayasa University. Academic stress is caused by various factors, including high academic demands, time pressure, and limited resources. The methodology used in this research is a mixed method with a sequential explanatory design, beginning with quantitative data collection through questionnaires, followed by qualitative data collection through interviews and observations. The results show that final-year students experience academic stress with various physical, emotional, and cognitive symptoms. The main causes of stress include the inability to manage time, high self-expectations, and uncertainty in the thesis supervision process. This study also identifies coping strategies employed by students, such as time management and social support. These findings are expected to provide a better understanding of academic stress and help design more effective stress management strategies for final-year students. M1 - sarjana ID - eprintuntirta45001 ER -