%X This study aimed to investigate the influence of group counseling with metaphor techniques on self-confidence among seventh-grade students at MTs. Pembangunan Nurul Islam. A quantitative pre-experimental design with a one group pre-test post-test design was employed. The pre-experimental approach was adopted to explore the relationship between the variables and develop specific hypotheses. Data were collected using a self-confidence questionnaire. The results showed that six students were categorized as having low self-confidence based on the pre-test scores, attributed to specific factors. These students received group counseling with metaphor techniques to enhance their self-confidence, followed by a post-test. Metaphor techniques in counseling involve the use of figurative language to express ideas. The Wilcoxon signed-rank test revealed a significant difference between the pre-test and post-test scores (Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.028), indicating that group counseling with metaphor techniques effectively increased the students self-confidence. %O Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan konseling kelompok dengan teknik metafora dalam peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VII MTs. Pembangunan Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen (pre-experimental) dan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test. Penggunaan pendekatan pra-eksperimen ini adalah untuk mendapatkan gambaran hubungan antara variabel yang diteliti, serta mengembangkan hipotesis yang spesifik dan terarah. Teknik pengumpulan data difokuskan dengan menggunakan instrumen angket kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 siswa yang termasuk pada kategori kepercayaan diri rendah dilihat dari hasil skor pre-test dan disebabkan oleh aspek tertentu. Siswa dengan kategori kepercayaan diri rendah tersebut diberikan treatment berupa konseling kelompok dengan teknik metafora untuk peningkatan kepercayaan diri siswa dan dilakukan post-test setelah treatment. Teknik metafora dalam konseling merupakan teknik pemakaian kata kiasan yang digunakan untuk mengeksresikan suatu hal. Dibuktikan melalui hasil skor pre-test dan post-test pada analisis uji Wilcoxon menunjukkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,028, sehingga pada pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa setelah pemberian treatment berupa konseling kelompok dengan teknik metafora, terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa terlihat dari peningkatan antara hasil skor pre-test dan post-test. %K Group Counseling, Metaphor Technique, Self-Confidence Konseling Kelompok, Teknik Metafora, Kepercayaan Diri %D 2024 %L eprintuntirta44999 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %A UMMU SYARIFAH %T Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Metafora Dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)