eprintid: 44974 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 8744 dir: disk0/00/04/49/74 datestamp: 2025-01-07 09:41:06 lastmod: 2025-01-07 09:41:06 status_changed: 2025-01-07 09:41:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AULIANI, ADILLA creators_id: 2281200005 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mukti Leksono, Suroso contributors_name: Vitasari, Mudmainah contributors_id: 197202262005011002 contributors_id: 198908122022032003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN IPA title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAJALAH BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII ispublished: pub subjects: H1 subjects: L1 subjects: Q1 divisions: FKIP divisions: IPA full_text_status: restricted keywords: E-Magazine, Inquiry, Biodiversity, Critical Thinking E-Majalah, Inquiry, Keanekaragaman Hayati, Berpikir Kritis note: Perkembangan teknologi dan informasi media pembelajaran berperan penting untuk membantu proses pembelajaran, sehingga dapat memfasilitasi siswa untuk berpikir secara kritis. Media pembelajaran yang menarik adalah salah satu hal yang dapat membantu memfasilitasi pembelajaran di sekolah. Penggunaan media pembelajaran di tengah-tengah perkembangan zaman akan membantu proses belajar mengajar semakin mudah untuk dilaksanakan dan sangat berperan penting bagi seorang siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Seorang siswa akan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan antusias untuk memiliki kemampuan berfikir kritis jika pembelajaran siswa terfasilitasi dengan baik. Penerapan model pembelajaran inquiry atau inkuiri merupakan aktivitas sistematis dalam pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir dengan cara analitik, kritis, dan kreatif sehingga mampu mendapatkan solusi dari permasalahan yang diberikan, secara mandiri oleh siswa tersebut. Media pembelajaran berbasis Inquiry learning menggunakan materi keanekaragaman hayati yang akan mempelajari materi lingkungan sekitar. berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran E- Majalah Berbasis Inquiry Learning Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Memfasilitasi Berfikir Kritis Siwa Kelas VII mendapatkan nilai presentase senilai 96,6% dengan kategori sangat baik untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. abstract: The development of technology and information learning media plays an important role in helping the learning process, so that it can facilitate students to think critically. Interesting learning media is one of the things that can help facilitate learning in schools. The use of learning media in the midst of the development of the times will help the teaching and learning process become easier to implement and play a very important role for a student in participating in the teaching and learning process. A student will be able to follow the learning process enthusiastically to have the ability to think critically if student learning is well facilitated. The application of the inquiry learning model is a systematic activity in learning that requires students to think in an analytical, critical, and creative way so that they are able to get solutions to the problems given, independently by the students. Inquiry learning-based learning media uses biodiversity materials that will study the surrounding environment. based on the results of the research of E-Magazine learning media based on Inquiry Learning Biodiversity Material to Facilitate Critical Thinking Class off VII received a percentage value of 96.6% with the category. date: 2024 date_type: published pages: 223 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN IPA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AULIANI, ADILLA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAJALAH BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/1/ADILLA%20AULIANI_2281200005_FullText.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/2/ADILLA%20AULIANI_2281200005_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/3/ADILLA%20AULIANI_2281200005_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/4/ADILLA%20AULIANI_2281200005_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/5/ADILLA%20AULIANI_2281200005_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/6/ADILLA%20AULIANI_2281200005_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/7/ADILLA%20AULIANI_2281200005_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/8/ADILLA%20AULIANI_2281200005_LAMPIRAN.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44974/9/ADILLA%20AULIANI_2281200005_TURNITIN.pdf