%0 Thesis %9 S1 %A ALIFAHSYIFA, DESTA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, %B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA %D 2024 %F eprintuntirta:44972 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K code mixing, code switching, YouTube, and learning implications campur kode, alih kode, YouTube, dan implikasi pembelajaran %P 217 %T CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM KANAL YOUTUBE MAUDY AYUNDA DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U https://eprints.untirta.ac.id/44972/ %X This research focuses on the form of code mixing and code switching in the speech carried out by Maudy Ayunda and Najwa Shihab in the YouTube channel entitled Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!. The objectives of this study are to (1) classify the form of code mixing in Maudy Ayunda's YouTube channel entitled Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!; (2) classify the form of code switching in Maudy Ayunda's YouTube channel entitled Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!; (3) describe the factors that cause code mixing and code switching; and (4) describe the results of the research on the implications of Indonesian learning in high school. The method used in this study is qualitative descriptive with the implementation of free listening techniques and note-taking techniques. The source of data for this research is Maudy Ayunda's YouTube channel entitled Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!. The data of this study is speech in the form of mixed codes and code switching carried out by Maudy Ayunda and Najwa Shihab. The results of this study have found 80 speech data in the form of code mixing and code transfer. Based on the results of the research that has been conducted, it was found that there were 41 data on speech in the form of mixed codes, and all of his speech was included in the form of mixed codes to the outside. In addition, the number of speech data in the form of code transfer is 39 data, all of which are included in the form of code transfer to the outside. The factors that cause code mixing and code switching carried out by Maudy Ayunda and Najwa Shihab are due to the use of more popular terms, speakers and speakers, speaking partners, topics, functions and purposes, speakers and speaking personalities, and switching subjects. The results of the analysis and findings of this study can be used as implications for Indonesian learning activities in high school to be used as examples or references for language that is not in accordance with the context in Indonesian learning. %Z Penelitian ini fokus pada bentuk campur kode dan bentuk alih kode pada tuturan yang dilakukan oleh Maudy Ayunda dan Najwa Shihab dalam kanal YouTube yang berjudul Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengklasifikasikan bentuk campur kode dalam kanal YouTube Maudy Ayunda yang berjudul Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!; (2) mengklasifikasikan bentuk alih kode dalam kanal YouTube Maudy Ayunda yang berjudul Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!; (3) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode; dan (4) mendeskripsikan hasil penelitian terhadap implikasi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan dilakukannya teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Sumber data penelitian ini adalah kanal YouTube Maudy Ayunda yang berjudul Buka Kartu: Ternyata Najwa Shihab dan Maudy Ayunda juga BUCIN!. Data penelitian ini adalah tuturan yang berbentuk campur kode dan alih kode yang dilakukan oleh Maudy Ayunda dan Najwa Shihab. Hasil dari penelitian ini telah ditemukan 80 data tuturan yang berbentuk campur kode dan alih kode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan data tuturan bentuk campur kode berjumlah 41 data, dan seluruh tuturannya termasuk ke dalam bentuk campur kode ke luar. Selain itu jumlah pada data tuturan bentuk alih kode ada 39 data, seluruh tuturannya termasuk ke dalam bentuk alih kode ke luar. Faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode yang dilakukan oleh Maudy Ayunda dan Najwa Shihab yaitu karena adanya penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara dan pribadi pembicara, mitra bicara, topik, fungsi dan tujuan, penutur dan pribadi tutur, dan peralihan pokok pembicaraan. Hasil analisis dan temuan dari penelitian ini dapat dijadikan implikasi pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA untuk dijadikan contoh atau acuan berbahasa yang tidak sesuai dengan konteks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.