eprintid: 44910 rev_number: 40 eprint_status: archive userid: 15840 dir: disk0/00/04/49/10 datestamp: 2025-02-14 02:59:38 lastmod: 2025-02-14 02:59:38 status_changed: 2025-02-14 02:59:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indah Pertiwi, Regita creators_id: 2227200092 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Asih, Indhira contributors_name: Firdaus, Firdaus contributors_id: 19690629220003122001 contributors_id: 199010142023211015 corp_creators: UNIVERISTAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: ANALISIS KETERAMPILAN NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Kelas V Di SDN Tembong 2) ispublished: pub subjects: L1 divisions: PGSD divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Numeracy Skills, Three-dimensional shapes Keterampilan Numerasi, Peserta didik, Bangun Ruang note: Tujuan penelitian yaitu mengevaluasi keterampilan numerasi peserta didik kelas V SD pada materi bangunan ruang di SDN Tembong 2 Kota Serang. Fokus penelitian untuk mengetahui kemampuan numerasi peserta didik dalam kemampuan merumuskan masalah, menerapkan konsep, menafsirkan jawaban, serta mengetahui faktor-faktor yang mendorong atau menghambat keterampilan numerasi. Pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik terhadap guru kelas dan 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep dasar berhitung peserta didik dan keterampilan numerasi peserta didik Kelas V masih belum merata. Pada latihan 1 memiliki tingkat kelulusan yang tinggi dalam mengidentifikasi bangun ruang dengan warna, sedangkan latihan 2 kelulusan menurun drastis dalam menghitung volume balok dan kubus. Kesimpulannya peserta didik tampak lebih antusias dan mudah memahami soal dengan warna karena lebih visual dan konseptual. Sebaliknya pada soal menghitung volume balok dan kubus diperlukan pemahaman mendalam tentang konsep dasar serta hitungan. Faktor pendukung keterampilan numerasi peserta didik yaitu: lingkungan belajar yang kondusif, pemberian apresiasi dan motivasi, pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peserta didik kurang paham konsep dasar matematika, ketidak pekaan orang tua, mudah kehilangan fokus. abstract: The purpose of this study is to evaluate the numeracy skills of fifth grade students at SDN Tembong 2 Kota Serang in the topic of solid geometry. The focus is to assess students' abilities in problem formulation, concept application, answer interpretation, and identifying factors that support or hinder numeracy skills. Data were collected using triangulation techniques involving class teachers and 28 students. The results revealed that students' understanding of basic mathematical concepts and their numeracy skills are still uneven. In the first exercise, a high pass rate was achieved in identifying 3D shapes using colors, while in the second exercise, the pass rate dropped significantly in calculating the volume of cubes and rectangular prisms. The findings indicate that students were more enthusiastic and found it easier to understand color-based visual problems. However, solving problems related to volume calculation requires a deeper understanding of basic concepts and calculations. Supporting factors for numeracy skills include a conducive learning environment, recognition and motivation, and the use of appropriate teaching strategies and media. On the other hand, hindering factors include students' lack of understanding of basic mathematical concepts, parental indifference, and difficulty maintaining focus. date: 2024 date_type: published pages: 222 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Indah Pertiwi, Regita (2024) ANALISIS KETERAMPILAN NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Kelas V Di SDN Tembong 2). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/1/Regita%20Indah%20Pertiwi_%202227200092_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/2/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/8/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/7/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/9/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/10/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/3/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/5/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/4/Regita%20Indah%20Pertiwi_2227200092_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44910/6/Regita%20Indah%20pertiwi_2227200092_Fulltext.pdf