eprintid: 44886 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 7625 dir: disk0/00/04/48/86 datestamp: 2025-01-06 14:17:22 lastmod: 2025-01-06 14:17:22 status_changed: 2025-01-06 14:17:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Erik, Muhamad creators_id: 6661200085 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ema Jumiati, Ipah contributors_id: 197501312005012004 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: ADMINISTRASI PUBLIK title: PENERAPAN SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL-LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DI DISKOMINFO KABUPATEN TANGERANG ispublished: pub subjects: FISIP_PA subjects: H1 subjects: JA divisions: FISIP divisions: FISIP_PAD full_text_status: restricted keywords: Management Information System, Complaint Service, Electronic Government Sistem Informasi Manajemen, Layanan Pengaduan, EGovernment note: Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak optimalnya penerapan layanan pengaduan SP4N-LAPOR di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang sehingga menyebabkan angka penyelesaian laporan dalam layanan ini menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan SP4N-LAPOR yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori dari Richardus Eko Indrajit (2016) yang berupa 3 elemen sukses pengembangan e-government yaitu support, capacity, value. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan SP4N-LAPOR di Diskominfo Kabupaten Tangerang belum berjalan secara baik karena masih terdapat kekurangan seperti minimnya sosialisasi, adanya alur proses yang terlalu panjang serta lambatnya upaya penindaklanjutan terhadap pengaduan. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti antara lain melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, memperbaiki alur pemrosesan laporan serta perlunya meningkatkan responsifitas terhadap pengaduan. abstract: This research was motivated by the non-optimal implementation of the SP4N-LAPOR complaint service at the Tangerang Regency Communication and Information Office, resulting in a low report completion rate in this service. The purpose of this study is to find out how the SP4N-LAPOR service is implemented by the Tangerang Regency Diskominfo. This research uses the theory of Richardus Eko Indrajit (2016) in the form of 3 successful elements of e-government development, namely support, capacity, value. The research method used is descriptive qualitative research. The results of the study concluded that the implementation of SP4N-LAPOR in the Tangerang Regency Diskominfo has not gone well because there are still shortcomings such as lack of socialization, too long a process flow and slow follow-up efforts to follow up on complaints. Recommendations that can be given by researchers include conducting direct socialization to the public, improving the flow of report processing and the need to increase responsiveness to complaints. date: 2024 date_type: published pages: 260 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ADMINISTRASI PUBLIK thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Erik, Muhamad (2024) PENERAPAN SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL-LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DI DISKOMINFO KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/1/FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/4/Muhamad%20Erik_6661200085_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/5/Muhamad%20Erik_6661200085_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/6/Muhamad%20Erik_6661200085_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/7/Muhamad%20Erik_6661200085_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/11/Muhamad%20Erik_6661200085_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/9/Muhamad%20Erik_6661200085_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44886/12/Muhamad%20Erik_6661200085_05.pdf