TY - THES UR - https://eprints.untirta.ac.id/44886/ A1 - Erik, Muhamad Y1 - 2024/// PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA EP - 260 ID - eprintuntirta44886 KW - Management Information System KW - Complaint Service KW - Electronic Government Sistem Informasi Manajemen KW - Layanan Pengaduan KW - EGovernment N2 - This research was motivated by the non-optimal implementation of the SP4N-LAPOR complaint service at the Tangerang Regency Communication and Information Office, resulting in a low report completion rate in this service. The purpose of this study is to find out how the SP4N-LAPOR service is implemented by the Tangerang Regency Diskominfo. This research uses the theory of Richardus Eko Indrajit (2016) in the form of 3 successful elements of e-government development, namely support, capacity, value. The research method used is descriptive qualitative research. The results of the study concluded that the implementation of SP4N-LAPOR in the Tangerang Regency Diskominfo has not gone well because there are still shortcomings such as lack of socialization, too long a process flow and slow follow-up efforts to follow up on complaints. Recommendations that can be given by researchers include conducting direct socialization to the public, improving the flow of report processing and the need to increase responsiveness to complaints. N1 - Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak optimalnya penerapan layanan pengaduan SP4N-LAPOR di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang sehingga menyebabkan angka penyelesaian laporan dalam layanan ini menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan SP4N-LAPOR yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori dari Richardus Eko Indrajit (2016) yang berupa 3 elemen sukses pengembangan e-government yaitu support, capacity, value. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan SP4N-LAPOR di Diskominfo Kabupaten Tangerang belum berjalan secara baik karena masih terdapat kekurangan seperti minimnya sosialisasi, adanya alur proses yang terlalu panjang serta lambatnya upaya penindaklanjutan terhadap pengaduan. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti antara lain melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, memperbaiki alur pemrosesan laporan serta perlunya meningkatkan responsifitas terhadap pengaduan. AV - restricted TI - PENERAPAN SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL-LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DI DISKOMINFO KABUPATEN TANGERANG M1 - sarjana ER -