%0 Thesis %9 S1 %A YOHANA, ESRA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, %B PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR %D 2024 %F eprintuntirta:44877 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Teacher readiness, local English content, independent curriculum Kesiapan guru, muatan lokal Bahasa Inggris, kurikulum merdeka %P 241 %T ANALISIS KESIAPAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS 4 %U https://eprints.untirta.ac.id/44877/ %X Since the 2022/2023 academic year, the independent curriculum has been implemented in a number of public elementary schools in Indonesia. One of the learning activities in the independent curriculum is learning English as local content in public elementary schools. This research was conducted with the aim of describing teacher readiness in planning, implementing, evaluating and reflecting on English learning for grade 4 of elementary school. This research uses descriptive qualitative method to examine the condition of natural phenomena or materials. The subjects in this research were principals and English teachers from two different schools, two schools in district which SDN Kalideres 14 Petang and SDN Pegadungan 01 Pagi. The data in this research were obtained through observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used were collecting data, reducing data, presenting data, and making conclusions or verifying data. Then the data was tested for validity using the credibility, transferability, dependability and conformability test techniques. The results of the study show that in terms of planning readiness, teachers have carried out learning planning starting from understanding the independent curriculum, understanding local English content, preparing learning tools, and preparing themselves before teaching. In terms of implementation, teachers carry out English as local content in class by implementing teaching modules, teaching tools, and managing the class well. In terms of evaluation and reflection on learning, it can be seen that teachers have made evaluation questions and assessed students, as well as conducted reflections at the end of English learning for grade 4 of elementary school. %Z Sejak tahun ajaran 2022/2023 kurikulum merdeka mulai diterapkan di sejumlah sekolah dasar negeri yang ada di Indonesia. Salah satu pembelajaran pada kurikulum merdeka yaitu pembelajaran muatan lokal bahasa Inggris di sekolah dasar negeri. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memeriksa kondisi fenomena atau bahan yang alami. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Bahasa Inggris dari dua sekolah yang berbeda yaitu SDN Kalideres 14 Petang dan SDN Pegadungan 01 Pagi. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Lalu data diuji keabsahannya dengan teknik uji kredibilitas (credibility), keteralihan (transferbility), ketergantungan (dependability) dan kepastian (conformability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kesiapan perencanaan, guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran mulai dari memahami kurikulum merdeka, memahami muatan lokal Bahasa Inggris, menyiapkan perangkat pembelajaran, dan menyiapkan diri sebelum mengajar. Dilihat dari aspek pelaksanaan bahwa guru melaksanakan pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris di kelas dengan menerapkan modul ajar, perangkat ajar, dan mengelola kelas dengan baik. Pada aspek evaluasi dan refleksi pembelajaran terlihat bahwa guru membuat soal evaluasi dan melakukan penilaian kepada siswa sudah terlaksana, serta melakukan refleksi di akhir pembembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 SD.