@phdthesis{eprintuntirta44872, title = {Pengembangan Media Pembelajaran Flip PDF Berbasis Animasi Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK}, note = {Meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memberikan banyak manfaat bagi manusia seperti penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan. Perkembangan tersebut berdampak pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran ditandai dengan munculnya media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan kualitas dan mengefektifkan dalam pembelajaran serta menjadi penunjang proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Kramatwatu. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran Flip PDF berbasis animasi yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D). Metode penelitian yang digunakan yaitu Lee \& Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Penilaian dan Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran Flip PDF berbasis animasi yang menjadi objek utama penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan kuisioner (angket). Adapun pengujian kelayakan media pembelajaran yang melibatkan 3 orang ahli materi dan media serta 18 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Kramatwatu sebagai uji coba pengguna. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Flip PDF Berbasis Animasi pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK merujuk pada kelayakan materi dan media. Hasil pengujian dari para ahli mendapatkan nilai validasi dengan rata-rata 3,77 yang berada pada kategori ?Sangat Layak? dengan interval 3,10 ? 4,00 dan penilaian respon pengguna (siswa) mendapatkan nilai rata-rata 3,64 yang berada pada kategori ?Sangat Layak? dengan interval 3,10 ? 4,00. Selanjutnya mendapatkan nilai reliabilitas dari hasil pengujian para ahli sebesar 0,928158 yang berada pada kategori ?Sangat Tinggi? dengan interval 1,00 ? r {\ensuremath{>}} 0,81 dan mendapatkan nilai reliabilitas dari hasil penilaian respon pengguna (siswa) sebesar 0,649776 yang berada pada kategori ?Tinggi? dengan interval 0,80 ? r {\ensuremath{>}} 0,61.}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, year = {2024}, author = {Taufik Alfiansyah}, keywords = {Development; Instructional Media; Animation; Electrical Lighting Installation Pengembangan; Media Pembelajaran; Animasi; Instalasi Penerangan Listrik}, abstract = {The increasing development of science and technology (IPTEK) provides many benefits for humans, such as the use of technology in the field of education. This development has an impact on the use of technology in learning, marked by the emergence of learning media. The use of appropriate and appropriate learning media can improve the quality and effectiveness of learning and support the teaching and learning process at SMK Negeri 1 Kramatwatu. The aim of the research is to develop animation-based Flip PDF learning media to be used as learning media in the Electrical Lighting Installation subject. This research is a type of development research or Research and Development (R\&D). The research method used is Lee \& Owens which consists of five stages, namely (1) Assessment and Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation and (5) Evaluation. The final product produced in this research is animation-based Flip PDF learning media which is the main object of research. The methods used in collecting data include observation, interviews and questionnaires. The feasibility test of learning media involved 3 material and media experts and 18 students of class XI Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 1 Kramatwatu as user trials. The level of suitability of Animation-Based Flip PDF Learning Media for Electrical Lighting Installation Subjects in Vocational Schools refers to the suitability of the material and media. The test results from experts obtained a validation value with an average of 3.77 which was in the "Very Appropriate" category with an interval of 3.10 - 4.00 and user (student) response assessments received an average value of 3.64 which was in the ?Very Decent? category with an interval of 3.10 ? 4.00. Next, get a reliability value from the expert test results of 0.928158 which is in the "Very High" category with an interval of 1.00 ? r {\ensuremath{>}} 0.81 and get a reliability value from the results of the user (student) response assessment of 0.649776 which is in the "High" category with an interval of 0.80 ? r {\ensuremath{>}} 0.61.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/44872/} }