eprintid: 44856 rev_number: 40 eprint_status: archive userid: 19026 dir: disk0/00/04/48/56 datestamp: 2025-01-06 10:16:30 lastmod: 2025-01-06 10:16:30 status_changed: 2025-01-06 10:16:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TRI WIDIYANINGSIH, SITI creators_id: 2283180027 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: FATKHURROKHMAN, MOHAMMAD contributors_name: DWI CAHYONO, BAGUS contributors_id: 198904052019031010 contributors_id: 199007062020121010 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO title: The Influence of Video-Based Learning Media on the Understanding of Basic Electronic Concepts of Grade X Industrial Electronics engineering ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: VTE full_text_status: restricted keywords: video-based learning media, understanding the concept of quasiexperimental electrouca, conventional media. media pembelajaran berbasis video, pemahaman konsep elektronika, quasi eksperimen, media konvensional. note: Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya penggunaan media pembelajaran berbasis video di sekolah, dimana media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Siswa lebih tertarik menggunakan gadget untuk aktivitas non pembelajaran daripada memanfaatkannya untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep dasar elektronika siswa kelas X (Teknik Elektronika Industri), serta membandingkan efektivitas antara media video dengan media pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain “quasi eksperimen”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman siswa. Namun, hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa perbedaan antara media video dan media konvensional memiliki tingkat signifikasi sebesar 0,227. Dengan demikian, meskipun media video memiliki dampak positif, efektivitasnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan media konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar elektronika. abstract: This research is motivated by the absence of the use of video-based learning media in schools, where the learning media used are still conventional. Students are more interested in using gadgets for non-learning activities than using them for learning. This study aims to determine the effect of video-based learning media on the understanding of basic electronic concepts of class X Telin students (Industrial Electronics Engineering), and to compare the effectiveness between video media and conventional learning media. The research method used is a quantitative method with a "quasi-experimental" design. The results of the study showed that there was a positive influence of the use of video-based learning media on student understanding. However, the results of further analysis showed that the difference between video media and conventional media was not significant. Thus, although video media has a positive impact, its effectiveness is not much different compared to conventional media in improving understanding of basic electronic concerts date: 2024 date_type: published pages: 188 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana refereed: TRUE referencetext: Adhiyati, U. P. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Disposisi Matematika Dan Pemahaman Matematika. Research and Development Journal of Education, 1(1), 81. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7556 Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Herman, H., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran (T. P. Wahyuni, Ed.; 2022nd ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. Andini, A. F., & Soepriyanto, S. (2019). Pengembangan Screencast Untuk Belajar Software. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 2(4), 297–305. Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Agustina, I., Astuti, D., Hardiansyah, A., Suseni, A. K., Alti, M., & Rizki, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran "Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0 (R. M. Alti & V. Rizki, Eds.; 2022nd ed.). CV. Tohar Media. https://toharmedia.co.id Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., & Simamora, S. S. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (N. Rismawati, Ed.; 2022nd ed.). Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com Arifin, M. B. U. B., & Aunillah, A. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan (M. T. Multazam & M. D. K. Wardana, Eds.; 2021st ed.). UMSIDA PRESS. Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Pengaruh Penggunaan Video Al Ibtida, 3(1), 116–137. Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (A. Syaddad, Ed.; 2019th ed.). CV. Kaaffah Learning Center. Fadilah, A., Nurzakiah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17. Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. JURNAL TELEKOMUNIKASI, KENDALI DAN LISTRIK, 3(2), 81–87. Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (219 C.E.). Buku Media Pembelajaran. Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, M. (2021). Media pembelajaran (U. Khasanah, Ed.; 2021st ed.). Tahta Media Group. Idris, F., Nursalam, N., & Madani, M. (2022). Pengaruh Media Animasi Audio Visual Terhadap Persepsi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 23–36. https://doi.org/10.21009/JPD.13.02 Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (I. Fahmi & R. Ria, Eds.; 2016th ed.). Kencana. Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran (A. Kristanto, Ed.; 2016th ed.). Penerbit Bintang Sutabaya. Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data (A. Nasrum, Ed.; 2018th ed.). Jayapangus Press. Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay, Ed.; 2017th ed.). Perdana Publishing. Ngisti, A., & Musfiroh, I. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI) Labbaika Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, I(1), 79–91. Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais, Ed.; 2019th ed.). UMSIDA Press. Oktaviani, R., Triwoelandari, R., & Hamdani, I. (2019). Pengaruh Pemahaman Agama Islam Terhadap Etika Berpakaian. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 611–617. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.5169 Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Priadana, H. M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (D. Della, Ed.; 2021st ed.). Pascal Books. Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran (M. Ramli, Ed.; 2012th ed.). IAIN Antasari Press. Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; 2021st ed.). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, M. S., Sahabuddin, I. azis, & Saleh, M. S. (2023). Media Pembelajaran (V. M. Ulfah, Ed.; 2023rd ed.). Eureka Media Aksara. Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel. Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2), 24–43. Saptutyningsih, E., & Setyaningsrum, E. (2019). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis (2019th ed.). Gosyen Publishing. Setyawan, D. A. (2021). Hipotesis dan Variabel Penelitian (S. N. I. Trisnawati, Ed.; 2021st ed.). CV Tahta Media Group. Sitorus, P., & Pardede, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar-1. Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 5(1), 78–86. https://uhn.ac.id/jsp Siyoto Sandu, & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (A. Ayup, Ed.; 2015th ed.). Literasi Media Publishing. Sjam, D. A., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 185–196. Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (N. S. Sukmadinata, Ed.; 2010th ed.). PT. Remaja Rosdakarya. Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran (I. Ilyas, Ed.; 2020th ed.). CV. Jejak. Syarifuddin, S., & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (dari Masa Konvesional Hingga Masa Digital) (A. Murty, Ed.; 2022nd ed.). Bening Media Publishing. www.bening-mediapublishing.com Usmadi, usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis(Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. Winarto, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(2), 221–227. citation: TRI WIDIYANINGSIH, SITI (2024) The Influence of Video-Based Learning Media on the Understanding of Basic Electronic Concepts of Grade X Industrial Electronics engineering. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/4/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/5/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/6/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/7/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/8/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/9/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/10/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/11/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_.FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44856/12/SITI%20TRI%20WIDIYANINGSIH_2283180027_.01.pdf