eprintid: 44852 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 14517 dir: disk0/00/04/48/52 datestamp: 2025-01-06 10:24:26 lastmod: 2025-01-06 10:24:26 status_changed: 2025-01-06 10:24:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziah, Nida creators_id: 2227200040 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rahman Hakim, Zerri contributors_name: Setiawan, Sigit contributors_id: 198003312010121002 contributors_id: 201808032164 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2 SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: SJ divisions: PGSD divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Implementation, Student Profile dimension of faith in fearing God Almighty and noble character, teacher, Students Implementasi, Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Guru, Peserta Didik note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru, tantangan, dan dampak pengimplementasian Profil Pelajar Pancasia dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kulitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kubang Sepat 1 Kota Cilegon dengan subjek penelitian yaitu guru, kepala sekolah, dan peserta didik kelas II. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yakni uji kredibilitas dan triangulasi. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah guru sudah berupaya dengan optimal untuk menerapkan Profil Pelajar Pancasia dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dari mulai perencanaan dengan membuat desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, sampai dengan evaluasi pembelajaran berupa evaluasi peserta didik dan refleksi guru. Tantangan yang dihadapi guru adalah masih ada peserta didik yang mengobrol selama kegiatan pembelajaran. Peserta didik juga sudah mampu menampakkan sikap yang sesuai dengan elemen yang ada pada dimensi ini, yaitu elemen akhlak beragama pada saat kegiatan berdoa, tadarus, dan pembacaan asmaul husna. Elemen pribadi dengan memakai seragam sesuai ketentuan, elemen akhlak kepada manusia yang tampak ketika saling berbagi, elemen akhlak kepada alam ketika membuang sampah, dan elemen bernegara berupa saling menghargai adanya perbedaan. abstract: This research aims to determine the efforts of teachers, challenges, and impacts of implementing the Pancasila Student Profile dimension of faith, devotion to God Almighty and noble character for students. The method used is descriptive qualitative. This study was conducted at SDN Kubang Sepat 1, Cilegon City with research subjects, namely teachers, principals, and class II students. The data sources used in this study are primary and secondary data sources. Data collection using interview, observation, and documentation techniques. To analyze the data, the first thing to do collect data, using data reduction, then data presentation, and drawing conclusions. The data validity checking technique used in this study is the credibility test and triangulation. The results found from this study are that teachers have made optimal efforts to implement the Pancasila Student Profile dimension of faith, devotion to God Almighty and noble character from the start of planning by creating learning designs, implementing learning in the form of learning activities that are linked to the dimensions of faith, devotion to God Almighty and noble character, to learning evaluation in the form of student evaluation and teacher reflection. The challenge faced by teachers is that there are still students who chat during learning activities. Students have also been able to show attitudes that are in accordance with the elements in this dimension, namely the element of religious morality during prayer activities, tadarus, and reading of the Asmaul Husana. Personal elements by wearing uniforms according to the provisions, elements of morality towards humans that are seen when sharing with each other, elements of morality towards nature when throwing away garbage, and elements of the state in the form of mutual respect for differences. date: 2024 date_type: published pages: 335 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Fauziah, Nida (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/1/Nida%20Fauziah_2227200040_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/2/Nida%20Fauziah_2227200040_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/3/Nida%20Fauziah_2227200040_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/4/Nida%20Fauziah_2227200040_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/5/Nida%20Fauziah_2227200040_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/6/Nida%20Fauziah_2227200040_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/7/Nida%20Fauziah_2227200040_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/8/Nida%20Fauziah_2227200040_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/9/Nida%20Fauziah_2227200040_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44852/10/Nida%20Fauziah_2227200040_Fulltext.pdf