%0 Thesis %9 S1 %A Azahra Sihab, Siti %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN SOSIOLOGI, %B PENDIDIKAN SOSIOLOGI %D 2024 %F eprintuntirta:44794 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Roles, Parents, Character Education, Pre-Prosperous Families Peran, Orang Tua, Pendidikan Karakter, Keluarga Pra Sejahtera %P 142 %T PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER NILAI RELIGIUS PADA ANAK (Studi Kasus Pada Keluarga Pra Sejahtera di Kampung Nagara Pandeglang) %U https://eprints.untirta.ac.id/44794/ %X In Kampung Nagara Pandeglang, the researcher describes in detail how parents from underprivileged backgrounds teach moral values to their children. The main objective of this research is to learn more about the ways in which parents from underprivileged backgrounds in Kampung Nagara Pandeglang instill religious and moral principles to their children. The research strategy used is a qualitative case study approach that uses observation, interviews and documentation to gather its findings. This research uses Robert K. Merton's functional structural theory. Two supporting informants were interviewed for this research: RT and local residents in the Nagara Village area; as well as key informants, namely parents and children from underprivileged families in this village. The study found that parents from low-income families make efforts to teach their children religious and character values, such as by sending them to local religious education programs, modeling good behavior, and giving good advice. Despite the latent functions on this research – where the parents in underprivileged families in Nagara Village are less than optimal in providing character education to their children because they are so focused on economic fulfillment - the manifest functions of these families in character education of religious values in children are still running. %Z Di Kampung Nagara Pandeglang, peneliti mendeskripsikan secara rinci bagaimana orang tua dari latar belakang prasejahtera mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak-anak mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara-cara orang tua dari latar belakang prasejahtera di Kampung Nagara Pandeglang menanamkan prinsip-prinsip agama dan moral kepada anak-anak mereka. Peda penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan temuan-temuannya. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Robert K. Merton. Terdapat dua informan pendukung yang diwawancarai untuk penelitian ini: RT dan penduduk setempat di wilayah Desa Nagara; serta informan kunci, yaitu orang tua dan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera di desa ini. Studi ini menemukan bahwa orang tua dari keluarga pra-sejahtera berupaya mengajarkan nilai-nilai agama dan karakter kepada anak-anak mereka, seperti dengan mengirimkan mereka ke program pendidikan agama setempat, mencontohkan perilaku yang baik, dan memberikan nasihat yang baik. Terlepas dari fungsi laten penelitian ini-salah satunya adalah orang tua di keluarga pra-sejahtera Desa Nagara kurang optimal dalam memberikan pendidikan karakter pada anak-anaknya karena begitu fokus pada pemenuhan ekonomi-fungsi manifes keluarga-keluarga ini dalam pendidikan karakter nilai religius pada anak tetap berjalan.