%I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %T KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA DINAS PEREMPUAN DI DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON %D 2024 %O Pada organisasi dinas kesehatan Kota Cilegon selama kepemimpinan kepala dinas saat ini terdapat beberapa masalah antara lain kepala dinas kesehatan belum sepenuhnya mencapai sasaran kinerja yang telah ditetapkan salah satunya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, masih kurangnya pelatihan kompetensi pegawai pada bagian manajemen dan masih kurangnya interaksi atau pertemuan baik secara formal atau informal antara kepala dinas dengan pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Transformasional Kepala Dinas Perempuan di Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mix methods yakni penelitian yang menggabungkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Desain Eksplanatori Sekuensial (Explanatory Sequential). Dalam penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan transformasional Bass dan Avolio (1994) yang terdiri dari Idealized Influence (pengaruh ideal/karisma), Inspirational Motivation (Inspirasi Motivasi), Intellectual Stimulation (Rangsangan Intelektual) dan Individualized Consideration (Perhatian Individual). Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon sudah membawa perubahan dan mendorong bagi organisasi dinas kesehatan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Cilegon dan puskesmas dapat diketahui bahwa jawaban dari 145 responden dengan analisis data deskriptif presentase Dari masing – masing pernyataan dari setiap indikator kepemimpinan transformasional tersebut menghasilkan skor rata – rata 79,88%, skor tersebut berada pada rentang interval 62,50% – 81,24 % atau berada pada kriteria “Transformasional”. Kepala dinas telah memenuhi keempat indikator kepemimpinan transformasional karena kepala dinas merupakan pemimpin yang dijadikan teladan oleh para pegawainnya, selalu memberikan motivasi dan inspirasi, selalu mendorong para pegawainya untuk dapat berfikir kreatif dan inovatif, kepala dinas mendorong pegawai untuk mampu memikirkan solusi kreatif dalam menghadapi masalah, dan memberikan perhatian kepada para pegawainnya dengan memberikan pemberdayaan. Diharapkan kepala dinas kesehatan Kota Cilegon semakin meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya dengan lebih maksimal lagi. %X In the Cilegon City health service organization during the leadership of the current head of service, there are several problems, among others, the head of the health service has not fully achieved the performance goals that have been set, one of which is improving the quality of health services to the community, there is still a lack of employee competency training in the management section and there is still a lack of interaction or meetings either formally or informally between the head of service and employees. This study aims to determine the Transformational Leadership of the Head of Women's Service at the Cilegon City Health Office. This research uses mixed methods, which is research that combines quantitative and qualitative data analysis. The type of research design used in this research is Explanatory Sequential Design. In this study using Bass and Avolio's transformational leadership theory (1994) which consists of Idealized Influence (ideal influence/charisma), Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation and Individualized Consideration. Data were collected by questionnaire, interview, observation and documentation. The results showed that the head of the Cilegon City Health Office had brought changes and encouraged the health service organization. This is based on the results of research conducted at the Cilegon City Health Office and health centers, it can be seen that the answers of 145 respondents with descriptive percentage data analysis from each statement of each transformational leadership indicator resulted in an average score of 79.88%, this score is in the interval range of 62.50% - 81.24% or is in the “Transformational” criteria. The head of service has fulfilled the four indicators of transformational leadership because the head of service is a leader who is used as an example by his employees, always provides motivation and inspiration, always encourages his employees to be able to think creatively and innovatively, the head of service encourages employees to be able to think of creative solutions in dealing with problems, and pays attention to his employees by providing empowerment. It is hoped that the head of the Cilegon City health office will further improve his transformational leadership more optimally. %A Safira Azzahra %K Transformational Leadership, Health, Women. Kepemimpinan Transformasional, Kesehatan, Perempuan. %L eprintuntirta44696