eprintid: 44684 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 18982 dir: disk0/00/04/46/84 datestamp: 2024-12-18 08:41:08 lastmod: 2024-12-18 08:41:08 status_changed: 2024-12-18 08:41:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 3336180060@untirta.ac.id creators_name: Siti, Darojah creators_id: 3336180060 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dr. Arief, Budiman, S.T., M.T. contributors_name: Dr. Rindu, Twidi Bethary, S.T., M.T. contributors_name: Dwi, Esti Intari, S.T., M.Sc. contributors_name: Mush'ab, 'Abdu Asy Syahid, S.Ars., M.Ars. contributors_id: 197105272005011001 contributors_id: 198212062010122001 contributors_id: 198601242014042001 contributors_id: 199308012022031004 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Teknik corp_creators: Jurusan Teknik Sipil title: Analisa Permodelan Bangkitan dan Tarikan Pergerakan di Kota Serang ispublished: pub subjects: TA divisions: Sipil full_text_status: restricted keywords: Bangkitan, Tarikan, Stepwise Tipe 1 note: Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap bangkitan pergerakan di Kota Serang antara lain: Jumlah Koperasi (X10) dapat dikaitkan dengan banyaknya karyawan koperasi yang tinggal di daerah pedesaan yang jauh dari kota melakukan perjalanan ke kota untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi di desa; Jumlah Rumah Makan (X9) dapat dikaitkan dengan fakta orang-orang setelah mengunjungi rumah makan kembali ke tempat asal mereka masing-masing; Jumlah Tempat Peribadatan (X6) dapat dikaitkan dengan orang-orang setelah mengunjungi tempat peribadatan kembali ke tempat asal mereka seperti rumah atau lainnya; dan Jumlah Penduduk (Orang) (X2) yang merupakan variabel utama pada model terpilih. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan meningkatnya jumlah penduduk di Kota Serang setiap tahunnya, maka akan terjadi pula peningkatan pergerakan di Kota serang. Model bangkitan pergerakan Kota Serang yang terpilih adalah Y1 = 10083,716 + 0,227X2 dengan nilai R² sebesar 0,892. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap tarikan pergerakan di Kota Serang antara lain: Jumlah Tempat Peribadatan (X6) dapat dikaitkan dengan orang-orang yang melakukan perjalanan ke tempat ibadah, khususnya masyarakat yang beragama selain islam dikarenakan tidak semua daerah memiliki tempat peribadatan tersebut; Jumlah Rumah Makan (X9) dapat dikaitkan dengan orang-orang yang bepergian ke restoran untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka; Jumlah Stasiun Kereta (X13) dapat dikaitkan dengan orang-orang yang bepergian ke stasiun kereta untuk melakukan perjalanan ke suatu daerah menggunakan kereta; dan Jumlah Rumah Sakit (X5) yang merupakan variabel utama pada model terpilih. Hal ini dapat diartikan bahwa rumah sakit merupakan penggunaan lahan yang signifikan menghasilkan pergerakan. Orang sering mengunjungi rumah sakit untuk perawatan, menjenguk orang sakit, atau untuk pemeriksaan rutin. Di Kota Serang, terdapat beberapa rumah sakit dengan akreditasi baik yang menarik pengunjung, seperti Rumah Sakit Sari Asih yang terletak dekat Gerbang Tol Serang Timur, dipilih karena akses transportasinya yang mudah melalui jalan tol tersebut. Selain itu, di Kota Serang juga terdapat beberapa rumah sakit milik pemerintah seperti RSUD Banten dan RSUD Dr. Drajat Prawiranegara yang dipercaya masyarakat Kota Serang memiliki fasilitas yang baik. Model tarikan pergerakan Kota Serang yang terpilih adalah Y2 = 15139,266 + 1,999X5 dengan nilai R² sebesar 0,724. abstract: Pemahaman yang mendalam tentang pola bangkitan dan tarikan di Kota Serang menjadi sangat penting dalam konteks perencanaan perkotaan yang efisien dan berkelanjutan. Analisis ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pola pergerakan penduduk di kota ini setiap harinya. Dengan demikian, pemahaman yang baik tentang bangkitan dan tarikan dapat membantu dalam perencanaan infrastruktur transportasi yang lebih baik, pengurangan kemacetan, dan peningkatan kualitas hidup penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi bangkitan dan tarikan pergerakan di Kota Serang serta mendapatkan model bangkitan dan tarikan tersebut. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan metode stepwise tipe 1. Terdapat 13 variabel bebas yang digunakan. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah nilai bangkitan dan tarikan pergerakan di Kota Serang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk (orang) (X2) merupakan faktor yang paling memengaruhi bangkitan pergerakan di Kota Serang, yaitu dengan modeol bangkitan yang terpilih Y1 = 10083,716 + 0,227X2 dengan nilai R² = 0,892. Sedangkan faktor yang paling memengaruhi tarikan pergerakan di Kota Serang adalah jumlah rumah sakit (X5), yaitu dengan model tarikan yang terpilih Y2 = 15139,266 + 1,999X5 dengan R² = 0,724. date: 2024-09-27 date_type: published pages: 82 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Sipil thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana official_url: https://untirta.ac.id/ referencetext: J. Amijaya dan H. Suprayitno, “Permodelan Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Moda Sepeda Motor Di Wilayah Perkotaan Gresik Tahun 2018,” J. Manaj. Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 2, no. 0, pp. 1–10, 2018, doi: 10.12962/j26151847.v2i0.4819. S. Sarwanta, H. Abdulgani, dan O. Arief, “Model Bangkitan Dan Tarikan Pada Pusat Kegiatan Perguruan Tinggi Di Kabupaten Indramayu,” J. Rekayasa Infrastruktur, vol. 8, no. 1, pp. 38–45, 2022, doi: 10.31943/jri.v8i1.162. D. S. Djamil, M. J. Fuad, dan Elawati, “Analisis Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Akibat Pembangunan Mall Gorontalo,” Radial, vol. 8, no. 1, pp. 54–68, 2020. M. Yusuf, A. Budiharjo, dan M. A. Maulyda, “Dampak Pembangunan Minapolitan Terhadap Kinerja Lalu Lintas,” J. Tek. Media Pengemb. Ilmu dan Apl. Tek., vol. 20, no. 1, pp. 73–82, 2021, doi: 10.26874/jt.vol20no1.373. N. Mahmudah dan G. N. Abdi, “PEMODELAN BANGKITAN PERJALANAN PELAJAR DI KOTA YOGYAKARTA,” J. Ilm. Rekayasa Sipil, vol. 17, no. 2, pp. 172–179, 2016. S. Yanti, H. Azwansyah, dan Sumiyattinah, “Estimasi Model Distribusi Pergerakan Kendaraan Di Kabupaten Sambas Dengan Software Visum,” JeLAST, vol. 10, no. 2, pp. 1–7, 2023. A. Suthanaya P. dan C. Maulidia, “Analisis Pola Pergerakan di Kota Denpasar,” A Sci. J. Civ. Eng., vol. 23, no. 1411–1292, pp. 1–8, 2019. N. D. R. Rahmah, “EVALUASI KINERJA ANGKUTAN TRAYEK 01, 02, DAN 06 KOTA SERANG,” vol. 10, no. 4, 2021. M. F. Pradana, A. Budiman, dan B. Sunarya, “Pemodelan Bangkitan Pergerakan Transportasi Kota Cilegon,” J. Fondasi, vol. 8, no. 2, pp. 142–150, 2019. N. Fadhly, “Pembangunan Infrastruktur Transfortasi dan Struktur Ruang dengan Konsep Transit Oriented Development di Kota Banda Aceh,” 2018, [Online]. Available: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/3887 S. N. Fuady, D. I. Arifin, dan A. Purba, “Bangkitan Dan Tarikan Pergerakan Di Kawasan Pendidikan Kota Bandar Lampung,” J. Transp., vol. 21, no. 1, pp. 37–44, 2021, doi: 10.26593/jtrans.v21i1.4827.37-44. I. D. Suhani, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Perubahan Tata Guna Lahan (Studi Kasus Pembangunan Mall of Serang),” pp. 1–75, 2012. K. Kurniawan, “ANALISIS TARIKAN DI PASAR MODERN (Mall),” JUMATISI J. Mhs. Tek. Sipil, vol. 3, no. 2, pp. 256–261, 2022, doi: 10.24127/jumatisi.v3i2.4091. Martina dan Vevi., “Perencanaan Partisipatif Dengan Menggunakan Model Clear Di Kota Serang Provinsi Banten (Studi Kasus Program Kota Tanpa Kumuh di Kelurahan Serang),” EPrints Repos. UNTIRTA, no. September, pp. 6–250, 2017. S. M. Rumanama, E. R. Persulessy, dan Z. A. Leleury, “Pemilihan Model Regresi Terbaik Dengan Menggunakan Metode Stepwise (Studi Kasus: Data IPM Indonesia Tahun 2020),” Mat. STSTISTIKA DAN Ter., vol. 01, no. 01, pp. 69–78, 2022. S. C. Wohon, D. Hatidja, dan N. Nainggolan, “Penentuan Model Regresi Terbaik Dengan Menggunakan Metode Stepwise (Studi Kasus : Impor Beras Di Sulawesi Utara),” J. Ilm. Sains, vol. 17, no. 2, p. 80, 2017, doi: 10.35799/jis.17.2.2017.16834. F. R. Harahap, “Dampak Urbanisasi Bagi Perkembangan Kota Di Indonesia,” Society, vol. 1, no. 1, pp. 35–45, 2013, doi: 10.33019/society.v1i1.40. E. Kusmawan, “Analisis Karakteristik Dan Pola Pergerakan Penduduk Dan Hubungannya Dengan Perkembangan Wilayah,” vol. 9, no. 3 : 650-666, pp. 1–27, 2020. M. R. E. Manoppo, T. K. Sendow, D. Fakultas, T. Jurusan, S. Universitas, dan S. Ratulangi, “Analisa Bangkitan Pergerakan dan Distribusi Perjalanan,” J. Ilm. Media Eng., vol. 1, no. 1, pp. 17–23, 2011. N. I. P. Putri, “Pengaruh Transportasi Umum Terhadap Perkembangan Antar Wilayah Administrasi di Jakarta,” J. Manaj. Bisnis Transp. dan Logistik, vol. 8, no. 1, p. 63, 2022, doi: 10.54324/j.mbtl.v8i1.1249. B. Thahir, Analisis Strategi Pemetaan Rencana Tata Ruang Provinsi Banten. 2019. A. Listiawati, “Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Serang Tahun 2010-2030 (Studi Kasus Pasal 17 Sistem Prasarana Drainase dan Pedestrian),” 2016. Badan Pusat Statistik, Kota Serang Dalam Angka 2018. [Online]. Available: https://serangkota.bps.go.id/id/publication/2018/08/16/ef676c2bb81e4b30b4e7a649/kota-serang-dalam-angka-2018.html Badan Pusat Statistik, Provinsi Banten Dalam Angka 2018. [Online]. Available: https://banten.bps.go.id/id/publication/2018/08/16/7445900354924a11a6beeaef/provinsi-banten-dalam-angka-2018.html F. Miro, PERENCANAAN TRANSPORTASI untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. 2005. A. Anwar, Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. 2009. D. Budiastuti dan A. Bandur, VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. 2018. W. S. & C. C. Astuti, BUKU AJAR STATISTIKA DASAR Konsep dan Aplikasinya. 2017. Suyono, ANALISIS REGRESI untuk Penelitian. 2015. Y. Basuki, S. Rahayu, dan D. K. Gusanti, “Model Tarikan Perjalanan Pada Pusat Perbelanjaan Berkonsep Multi Activity Commercial Di Pusat Kota Semarang,” J. Pengemb. Kota, vol. 8, no. 2, pp. 212–219, 2020, doi: 10.14710/jpk.8.2.212-219. W. Widana dan P. L. Muliani, uji persyaratan analisis. KLIK MEDIA, 2020. P. A. A. Payadnya dan G. A. N. T. Jayantika, Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. 2018. F. D. P. Anggraini, A. Aprianti, V. A. V. Setyawati, dan A. A. Hartanto, “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6491–6504, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3206. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2013. R. A. Purnomo, Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. 2016. L. Amanda, F. Yanuar, dan D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. 2000. T. A. Bria, T. Wonlele, dan O. Loden, “Model Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Pinggiran Menuju Pusat Kota (Studi Pada Kawasan Yang Mengalami Perubahan Spasial),” Potensi J. Sipil Politek., vol. 21, no. 2, pp. 54–60, 2019, doi: 10.35313/potensi.v21i2.1671. R. A. dan Y. L. Nura Usrina, Mukhlis, “Analisis Model Tarikan Pergerakan Pada Tata Guna Lahan Rumah Sakit (Studi Kasus: Rumah Sakit Swasta Kota Bireuen)”, 2022. H. Mustafidah dan W. G. P. Giarto, “Aplikasi Berbasis Web untuk Analisis Data Menggunakan Korelasi Bivariat Pearson,” Sainteks, vol. 18, no. 1, p. 39, 2021, doi: 10.30595/sainteks.v18i1.10564. U. Sarfina, N. S. Sekarputri, dan K. Harsono, “Laporan Tugas Besar SI - 4141 Pemodelan Transportasi Pemodelan Transportasi 4 Tahap di Jawa Timur,” 2019. M. A. Nugraha, Sumiyattinah, dan H. Azwansyah, “Analisis Model Tarikan Pergerakan Pada Kawasan Pendidikan di Jalan WR. Supratman Kota Pontianak,” vol. 1, no. 2, pp. 49–57, 2021. W. W. Chin dan P. R. Newsted, The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern methods for business research, no. January 1998. N. A. F. Wulandari, “Analisis Ketersediaan Ruang Terbuka Hijau Di Kota Serang Tahun 2000-2015,” Bachelor’s thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fak. Ilmu Tarb. dan Kegur., 2017. M. Firanti, F. Habibi, dan D. Maulana, “Implementasi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian di Kota Serang,” Ilmu Adm. Publik, 2020. Mh. Arsan Haq, Syafi’i, dan A. Mhm, “Analisis Model Tarikan Pergerakan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Di Daerah Istimewa Yogyakarta),” Matriks Tek. Sipil, no. September, p. 310, 2013. citation: Siti, Darojah (2024) Analisa Permodelan Bangkitan dan Tarikan Pergerakan di Kota Serang. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/1/Siti%20Darojah_3336180060_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/2/Siti%20Darojah_3336180060_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/3/Siti%20Darojah_3336180060_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/4/Siti%20Darojah_3336180060_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/5/Siti%20Darojah_3336180060_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/6/Siti%20Darojah_3336180060_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/7/Siti%20Darojah_3336180060_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/8/Siti%20Darojah_3336180060_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/9/Siti%20Darojah_3336180060_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/44684/10/Siti%20Darojah_3336180060_CP.pdf